PENGARUH MODEL SELF-REGULATED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN SELF-EFFICACY SISWA

Main Authors: ., I KADEK YUDI WIHARDI MARDITHA, ., PROF. DR. KETUT SUMA, M.S., ., DR. A.A.ISTRI RAI SUDIATMIKA,MPd
Format: Article info eJournal
Terbitan: Jurnal Pendidikan IPA , 2016
Online Access: http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_ipa/article/view/1978
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan kemampuan pemecahan masalah dan self-efficacy antara kelompok siswa yang belajar menggunakan model self-regulated learning dan kelompok siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran langsung (direct instruction). Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental semu (quasi eksperiment) dengan desain pretest-posttest nonequivalent control group design. Variabel terikat dalam penelitian ini yaitu kemampuan pemecahan masalah dan self-efficacy sedangkan variabel bebas dengan dua level yaitu model self-regulated learning dan kelompok siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran langsung (direct instruction). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMA Negeri 1 Sukawati Tahun Ajaran 2015/2016 dengan jumlah total 376 siswa. Sampel ditentukan dengan teknik group random sampling sehingga diperoleh kelas X4 (40 siswa) sebagai kelas kelas eksperimen dan kelas X6 (40 siswa) sebagai kelas kontrol. Teknik statistika dalam penelitian ini menggunakan teknik MANOVA. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu 1) terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah dan self-efficacy siswa antara yang belajar dengan model self-regulated learning dengan siswa yang diajar dengan model pembelajaran langsung (F = 24,495; p