Pengaruh model pembelajaran learning objects terhadap keterampilan berpikir kritis dan motivasi belajar siswa kelas X SMA Saraswati 1 Denpasar

Main Authors: ., NI KADEK ARI NOVIANI, ., PROF. DR. I WAYAN SADIA, M.Pd, ., PROF. DR. KETUT SUMA, M.S.
Format: Article info eJournal
Terbitan: Jurnal Pendidikan IPA , 2015
Online Access: http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_ipa/article/view/1850
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis (1) perbedaan keterampilan berpikir kritis dan motivasi belajar antara kelompok siswa yang belajar dengan model pembelajaran learning objects dan traditional cookbook lab, (2) perbedaan keterampilan berpikir kritis antara kelompok siswa yang belajar dengan model pembelajaran learning objects dan traditional cookbook lab, (3) perbedaan motivasi belajar antara kelompok siswa yang belajar dengan model pembelajaran. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen dengan rancangan factorial 2x1 pretest posttest control group design. Data keterampilan berpikir kritis dikumpulkan melalui tes, data motivasi belajar siswa dikumpulkan melalui tes. Data yang diperoleh dianalisis secara statistik deskriptif dan MANOVA satu jalur dengan hasil (1) terdapat perbedaan ketrampilan berpikir kritis dan motivasi belajar siswa yang belajar dengan model learning objects dan traditional cookbook lab (F=10,227; p