Pengaruh model pembelajaran learning objects terhadap keterampilan berpikir kritis dan motivasi belajar siswa kelas X SMA Saraswati 1 Denpasar
Main Authors: | ., NI KADEK ARI NOVIANI, ., PROF. DR. I WAYAN SADIA, M.Pd, ., PROF. DR. KETUT SUMA, M.S. |
---|---|
Format: | Article info eJournal |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan IPA
, 2015
|
Online Access: |
http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_ipa/article/view/1850 |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis (1) perbedaan keterampilan berpikir kritis dan motivasi belajar antara kelompok siswa yang belajar dengan model pembelajaran learning objects dan traditional cookbook lab, (2) perbedaan keterampilan berpikir kritis antara kelompok siswa yang belajar dengan model pembelajaran learning objects dan traditional cookbook lab, (3) perbedaan motivasi belajar antara kelompok siswa yang belajar dengan model pembelajaran. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen dengan rancangan factorial 2x1 pretest posttest control group design. Data keterampilan berpikir kritis dikumpulkan melalui tes, data motivasi belajar siswa dikumpulkan melalui tes. Data yang diperoleh dianalisis secara statistik deskriptif dan MANOVA satu jalur dengan hasil (1) terdapat perbedaan ketrampilan berpikir kritis dan motivasi belajar siswa yang belajar dengan model learning objects dan traditional cookbook lab (F=10,227; p