PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT (STM) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN SIKAP ILMIAH SISWA SMP
Main Authors: | ., JAMILAH, ., PROF. DR. I WAYAN SADIA, M.Pd, ., PROF. DR. KETUT SUMA, M.S. |
---|---|
Format: | Article info eJournal |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan IPA
, 2015
|
Online Access: |
http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_ipa/article/view/1839 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) perbedaan keterampilan berpikir kritis dan sikap ilmiah antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran sains teknologi masyarakat (MPSTM) dan siswa yang belajar model pembelajaran langsung (MPL), (2) perbedaan keterampilan berpikir kritis antara siswa yang belajar dengan MPSTM dan siswa yang belajar dengan MPL, (3) perbedaan sikap ilmiah antara siswa yang belajar dengan MPSTM dan siswa yang belajar dengan MPL. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen, dengan rancangan penelitian non equivalent pretest postest control group design. Data yang diperoleh dianalisis dengan statistik deskriptif dan MANOVA satu jalur. Berdasarkan hasil analisis, ditemukan hasil sebagai berikut. Pertama, ada perbedaan keterampilan berpikir kritis dan sikap ilmiah antara siswa yang belajar dengan MPSTM dan siswa yang belajar MPL, (F=30,194; pLSD dengan μi - μj = 0,16 dan LSD =0,052, artinya keterampilan berpikir kritis siswa yang belajar dengan MPSTM lebih baik daripada siswa yang belajar MPL. Ketiga, terdapat perbedaan sikap ilmiah antara siswa yang belajar dengan MPSTM dan siswa yang belajar dengan MPL, (F=28,567; pLSD dengan μi- μj = 0,20 sedangkan LSD = 0,073, dengan demikian dapat dikatakan bahwa sikap ilmiah siswa yang belajar dengan MPSTM lebih baik daripada siswa yang belajar dengan MPL.Kata Kunci : Kata Kunci : sains teknologi masyarakat, keterampilan berpikir kritis, sikap ilmiah. This study essentially aims to: (1) the difference of critical thinking skills and scientific attitude between student’s group who were managed with Science Technology and Society (STS) and convensional learning (CL) model (2) the difference of critical thinking skills between student’s group who were managed with STS and CL model, (3) the difference of scientific attitude between student’s group who were managed with learning STS and CL model. This research was quasi experiments with pre-test post-test control group design. Data analyzed by using descriptive analyze and one way MANOVA. It was found: (1) there was significant difference of critical thinking skills and scientific attitude between student’s group who were managed with STS and CL model, (F=30,194; p