PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV DI SD/MI GUGUS III KECAMATAN SERIRIT
Main Authors: | ., MOHAMMAD SYUKRI, ., PROF. DR. A.A.ISTRI NGR.MARHAENI,M.A., ., PROF. DR. KETUT SUMA, M.S. |
---|---|
Format: | Article info eJournal |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan Dasar
, 2016
|
Online Access: |
http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/1868 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan motivasi belajar dan hasil belajar IPA kelas IV SD/MI di Gugus III Kecamatan Seririt antara siswa yang mengikuti model pembelajaran tipe Student Teams Achievement Division dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan desain posttest only control group design. Populasi penelitian ini sebanyak 66 siswa. Data motivasi belajar dikumpulkan dengan menggunakan kuisioner dan data hasil belajar mnggunakan tes obyektif pilihan ganda. Data dianalisis menggunakan MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, terdapat perbedaan motivasi belajar yang signifikan antara siswa yang mengkuti model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional (F = 25,015, sig = 0,000, p< 0,05), Kedua, terdapat perbedaan hasil belajar IPA yang signifikan antara siswa yang mengkuti model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional (F = 29,469, sig = 0,000, p< 0,05), Ketiga, secara simultan terdapat perbedaan motivasi belajar dan hasil belajar IPA yang signifikan antara siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional (F = 15,922, sig = 0,000, p< 0,05)Kata Kunci : Student Teams Achievement Division, Motivasi Belajar, Hasil Belajar This study aims to determine differences in learning motivation and learning outcomes IPA fourth grade / MI in Cluster III District of Seririt between students who take the learning models of type Student Teams Achievement Division with students who take the conventional learning model. This study is a quasi-experimental design with posttest only control group design. The study population were 66 students. Data motivation to learn was collected using questionnaires and data result of learning mnggunakan objective multiple choice test. Data were analyzed using MANOVA. The results showed that: First, there is a significant difference in learning motivation among students who are obeying the cooperative learning model with Student Teams Achievement Division of students who take the conventional learning model (F = 25.015, sig = 0.000, p