PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW BERBANTUAN PETA KONSEP TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA SD KELAS IV DI GUGUS VI KECAMATAN SAWAN – BULELENG

Main Authors: ., KADEK ANDRIANI, ., PROF DR. I WAYAN LASMAWAN,M.PD, ., PROF. DR. PUTU BUDI ADNYANA, M.Si.
Format: Article info eJournal
Terbitan: Jurnal Pendidikan Dasar , 2016
Online Access: http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/1867
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA dan motivasi belajar antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbatuan peta konsep dan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen post test only control group design. Sebanyak 163 siswa kelas IV SD Gugus VI Kecamatan Sawan dipilih sebagai sampel. Data motivasi belajar dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dan hasil belajar IPA dikumpulkan dengan tes pilihan ganda. Uji hipotesis menggunakan MANOVA. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) terdapat perbedaan motivasi belajar antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbantuan peta konsep dengan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional (2) terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbatuan peta konsep dengan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional, (3) secara simultan terdapat perbedaan motivasi belajar dan hasil belajar IPA antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbantuan peta konsep dengan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensionalKata Kunci : motivasi belajar, model kooperatif tipe jigsaw, hasil belajar IPA This research aims at investigating the difference of natural science learning achievement and learning motivation between students following Jigsaw cooperative learning model assisted with concept mapping and those following conventional learning model. This was a quasi-experimental research of posttest only control group design. The sample was 163 fourth grade students of Cluster VI, Sawan Subdistric. The data of learning motivation were collected by using questionnaire and natural science learning achievement were collected by using multiple choice test. The data were collected by using MANOVA. The result shows that: (1) there is a difference of learning motivation between students following Jigsaw cooperative learning model assisted with concept mapping and those following conventional learning model, (2) there is a difference of natural science learning achievement between students following Jigsaw cooperative learning model assisted with concept mapping and those following conventional learning model, and (3) simultaneously, there is a difference of learning motivation and natural science learning achievement between students following Jigsaw cooperative learning model assisted with concept mapping and those following conventional learning modelkeyword : jigsaw cooperative learning model, learning motivation, natural science learning achievement