PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN TIK TERHADAP HASIL BELAJAR IPS DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VI GUGUS II KECAMATAN KUTA SELATAN KABUPATEN BADUNG

Main Authors: ., DEWI EKASWATHY, ., PROF DR. I WAYAN LASMAWAN,M.PD, ., PROF. DR. NYOMAN DANTES
Format: Article info eJournal
Terbitan: Jurnal Pendidikan Dasar , 2015
Online Access: http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/1783
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kontekstual Berbantuan TIK terhadap hasil belajar IPS ditinjau dari motivasi belajar siswa kelas VI Gugus II Kecamatan Kuta Selatan Kabupaten Badung. Penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan menggunakan rancangan The Posttest-Only Control Group Design. Sampel penelitian ini sebanyak 88 orang siswa. Data motivasi belajar dikumpulkan dengan metode kuesioner dan data hasil belajar IPS dikumpulkan dengan tes objektif. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah ANAVA Dua Jalan dan uji Tukey. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan didapatkan hasil bahwa: 1) terdapat perbedaan hasil belajar IPS antara siswa yang mengikuti model pembelajaran kontekstual berbantuan TIK dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional, 2) terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran kontekstual berbantuan TIK dengan motivasi belajar terhadap hasil belajar, 3) terdapat perbedaan hasil belajar belajar IPS siswa yang mengikuti model pembelajaran kontekstual berbantuan TIK dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional pada siswa yang bermotivasi belajar tinggi, 4) terdapat perbedaan hasil belajar IPS siswa yang mengikuti model pembelajaran kontekstual berbantuan TIK dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional pada siswa yang bermotivasi belajar rendah.Kata Kunci : hasil belajar IPS,model pembelajaran kontekstual berbantuan TIK, motivasi belajar This research aims at investigating the effect of contextual teaching and learning of peer IT on social study learning achievement viewed from learning motivation of sixth grade elementary students of Cluster III South Kuta District.This research was Quasi-Experiment of The Posttest-Only Control Group Design. The sample was 88 students. The data of Learning motivation were collected by using questionnaire and the data of social study learning achievement were collected by using objective test. The data were analyzed by using two-way ANOVA and Tukey Test. The result of the research shows that: 1) there is a difference of social study learning achievement between students following contextual teaching and learning of peer IT and those following conventional learning model, 2) there is a interactional effect between the implementation of learning model and learning motivation on social study learning achievement, 3) for students with high learning motivation, there is a difference of social study learning achievement between students following contextual teaching and learning of peer IT and those following conventional learning model, 4) for students with low learning motivation, there is difference of social study learning achievement between students following contextual teaching and learning of peer IT and those following conventional learning model.keyword : Learning motivation, contextual teaching and learning of peer IT, social study learning achievement