Pengaruh Strategi Pembelajaran Attention, Relevance, Confidence, dan Satisfaction ( ARCS ) Terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS di Kelas IV Sekolah Dasar Saraswati Tabanan
Main Authors: | ., I WAYAN BUDIARSANA, ., PROF DR. I WAYAN LASMAWAN,M.PD, ., PROF.DR.I NYOMAN NATAJAYA, M.Pd. |
---|---|
Format: | Article info eJournal |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan Dasar
, 2015
|
Online Access: |
http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/1774 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh strategi pembelajaran ARCS terhadap hasil belajar ditinjau dari motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPS. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan The Posttest-Only Control-Group Desain. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SD Saraswati Tabanan yang berjumlah 146 siswa. Sebanyak 96 siswa dipilih sebagai sampel yang ditentukan dengan teknik random sampling. Data motivasi belajar dikumpulkan dengan kuesioner dan hasil belajar menggunakan tes pilihan ganda. Data dianalisis dengan menggunakan analisis Anava A- B berbantuan SPSS 17.00 for windows. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, perbedaan hasil belajar antara siswa yang mengikuti strategi pembelajaran ARCS dan siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional. Kedua, Terdapat interaksi antara penerapan strategi pembelajaran ARCS dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar. Ketiga, terdapat perbedaan hasil belajar IPS antara siswa yang mengikuti strategi pembelajaran ARCS dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional pada siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi. Keempat, terdapat perbedaan hasil belajar IPS antara siswa yang mengikuti strategi pembelajaran ARCS dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional pada siswa yang memiliki motivasi belajar rendah Kata Kunci : Strategi pembelajaran ARCS, hasil belajar, motivasi belajar This research aims at investigating the effect of ARCS learning strategy towards learning outcomes viewed from students learning motivation on social science class. This is a quasi-experimental research using The Posttest-Only Control-Group Design. Population in this research was the entire fourth grade students in Saraswati Ellementary School Tabanan which consisted of 146 students. Ninety six students were selected as sample using random sampling technique. Learning motivation data were collected using questionnaire and learning outcomes data were collected using multiple choice test. Data were analyzed using Two Way ANOVA assisted by SPSS 17.00 for windows. The results show that: First, there was a difference in learning outcomes between students who learned using ARCS learning strategy and students who learned using conventional learning model. Second, there was an interaction between ARCS learning strategy implementation and learning motivation toward learning outcomes. Third, there was a difference in social science learning outcomes between students who learned using ARCS learning strategy and students who learned using conventional learning model. Fourth, for students who had low learning motivation, there was a difference in social science learning outcomes between students who learned using ARCS learning strategy and students who learned using conventional learning model.keyword : ARCS learning strategy, learning motivation, learning outcomes