PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DENGAN KOVARIABEL SIKAP ILMIAH PADA SISWA KELAS VI SD NOMOR 4 TUBAN
Main Authors: | ., NI KETUT ANITA USAYANI, ., PROF. DR. NYOMAN DANTES, ., DR. I NYOMAN TIKA, M.Si. |
---|---|
Format: | Article info eJournal |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan Dasar
, 2015
|
Online Access: |
http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/1647 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) terhadap hasil belajar IPA dengan kovariabel sikap ilmiah pada siswa kelas VI SD Nomor 4 Tuban. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 98 siswa dan sampel sebanyak 67 siswa. Data sikap ilmiah dikumpulkan dengan metode kuesioner dan data hasil belajar IPA dikumpulkan dengan tes pilihan ganda. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Anakova. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan didapatkan hasil bahwa: 1) terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional, 2) setelah diadakan pengendalian pengaruh variabel sikap ilmiah, terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional, 3) terdapat kontribusi yang signifikan sikap ilmiah siswa terhadap hasil belajar IPA pada siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share maupun pada siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pembelajaran konvensional. Kata Kunci : model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS), hasil belajar IPA, sikap ilmiah ABSTRACT This research aims at investigating the effect of think pair share (TPS) cooperatif learning model on science outcomes with science attitude covariates of the students of grade VI SD Nomor 4 Tuban. The population of this research were 98 students and the number of the sample were 67 students. The data of students’ science attitude were collected using questionnaire and the data science outcomes were collected using multiple-choice test. The data were analyzed using Anacova. The result of the research shows that: 1) there are significant differences science outcomes between the students following think pair share cooperatif learning model with the students following conventional learning model, 2) with science attitude covariates controlled, there are significant differences science outcomes between the students following think pair share cooperatif learning model with the students following conventional learning model, 3) there is a significant contibution science attitude covariates toward science outcomes of the student of grade VI SD Nomor 4 Tuban. keyword : think pair share (TPS) cooperatif learning model, science outcomes, science attitude