Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau Dari Gaya Kognitif pada Siswa Kelas VI di SD No. 2 Tibubeneng Kecamatan Kuta Utara Kabupaten Badung Tahun Pelajaran 2014/2015
Main Authors: | ., NI KOMANG SRI WARDHANI, ., PROF. DR. A.A.ISTRI NGR.MARHAENI,M.A., ., DR. I NYOMAN TIKA, M.Si. |
---|---|
Format: | Article info eJournal |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan Dasar
, 2015
|
Online Access: |
http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/1623 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran guided discovery terhadap hasil belajar IPA ditinjau dari gaya kognitif pada siswa kelas VI di SD No. 2 Tibubeneng Kecamatan Kuta Utara Kabupaten Badung Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini tergolong sebagai rancangan postest only control group. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 106 orang. Sampel penelitian diambil secara acak yang berjumlah 72 orang. Teknik analisis data menggunakan Anava Dua Jalan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang mengikuti model pembelajaran guided discovery dengan siswa yang mengikuti model model pembelajaran konvensional pada siswa kelas VI, (2) terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dengan gaya kognitif terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas VI, (3) pada siswa yang memiliki gaya kognitif field independent, terdapat perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang mengikuti model pembelajaran guided discovery dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional pada siswa kelas VI, dan (4) pada siswa yang memiliki gaya kognitif field dependent, terdapat perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang mengikuti model pembelajaran guided discovery dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional pada siswa kelas VI.Kata Kunci : Gaya kognitif, hasil belajar IPA, model pembelajaran guided discovery This research aims to investigate the effect of guided discovery learning model towards science learning result viewed from cognitive style of sixth grade students of elementary school no. 2 Tibubeneng sub-district North Kuta, Badung Regency in the academic year 2014/2015. This research used postest only control groupdesign. Population in this research was 106 students and the sample was 72 students chosen through random sampling technique. Data were analyzed using two-way ANOVA. Results show that: First, there was a difference in science learning result between students who followed guided discovery learning model with students who followed conventional learning model on sixth grade students. Second, there was an interaction between learning model and cognitive style with science learning result of sixth grade students. Third, students who had field independent cognitive style, there was a difference in science learning result between students who followed guided discovery learning model with students who followed conventional learning model on sixth grade students and Fourth, students who had field dependent cognitive style, there was a difference in science learning result between students who followed guided discovery learning model with students who followed conventional learning model of sixth grade students.keyword : cognitive style, guided discovery learning model, science learning result