PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBASIS ASESMEN KINERJA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DITINJAU DARI SIKAP ILMIAH PADA SISWA KELAS V SD GUGUS V BELAYU-MARGA

Main Authors: ., I NYOMAN SUPARTA, ., Prof. Dr. A. A. I. Ngurah Marhaeni,MA, ., Dr. I Nyoman Tika,M.Si
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan Dasar , 2014
Online Access: http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/1481
http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/1481/1152
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis asesmen kinerja terhadap hasil belajar IPA ditinjau dari sikap ilmiah. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD Gugus V Belayu – Marga pada tahun pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 113 siswa dengan rancangan penelitian Post Test Only Control Group Desgn.Sampel penelitian berjumlah 80 siswa, kelas sampel dipilih dengan menggunakan tehnik Random Sampling. Data diperoleh dengan instrument test hasil belajar IPA kemudian diolah menggunakan analisis Variant (ANAVA) dua jalan melalui uji F dilanjutkan dengan ujii Tukey. Penelitian ini menunjukkan: (1)Terdapat perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif Tipe STAD Berbasis Asesmen Kinerja dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional, (2) Terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis asesmen kinerja dengan sikap ilmiah terhadap hasil belajar, (3) untuk siswa yang memiliki sikap ilmiah tinggi, ada perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif Tipe STAD berbasis Asesmen Kinerja dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional, ( 4 ) untuk siswa yang memiliki sikap ilmiah rendah, ada perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis asesmen kinerja dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional.Kata Kunci : Asesmen Kinerja, Hasil Belajar IPA,Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan Sikap Ilmiah. This research aims at investigating the effect of performance assessment-based cooperative learning type STAD on natural science learning achievement viewed from scientific attitude of fifth grade elementary students of Cluster V, Belayu-Marga in the academic year 2014/2015 which quantity 113 students with the design of posttest only control group design. The sample was 80 students gathered by using random sampling technique. The data were collected by using test of natural science learning achievement which were analyzed by using two-way performance assessment-based cooperative learning type STAD nova and Tukey test. The result of the research shows: (1) there is a difference of natural science learning achievement between students following performance assessment-based cooperative learning type STAD and those following conventional learning model, (2) there is an interactional effect between performance assessment-based cooperative learning type STAD and scientific attitude on natural science learning achievement, (3) for those having high scientific attitude, there is a difference of natural science learning achievement between students following performance assessment-based cooperative learning type STAD and those following conventional learning model, (4) for those having low scientific attitude, there is a difference of natural science learning achievement between students following performance assessment-based cooperative learning type STAD and those following conventional learning model.keyword : natural science learning achievement,performance assessment - based cooperative learning type STAD, scientific attitude.