PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KUANTUM TEKNIK TANDUR TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS DITINJAU DARI MOTIVASI BERPRESTASI SISWA KELAS VI SD GUGUS I KUTA KECAMATAN KUTA KABUPATEN BADUNG TAHUN PELAJARAN 2014-2015
Main Authors: | ., NUNIK NIKOLINA, ., Prof. Dr. A. A. I. Ngurah Marhaeni,MA, ., Prof. Dr. I Made Sutama,M.Pd |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan Dasar
, 2014
|
Online Access: |
http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/1480 http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/1480/1151 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kuantum teknik TANDUR terhadap kemampuan menulis ditinjau dari motivasi berprestasi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan menggunakan rancangan The Posttest-Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VI SD Gugus I Kuta tahun pelajaran 2014-2015 yang berjumlah 351 siswa dan sampel berjumlah 86 siswa yang diambil dengan teknik random sampling. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner motivasi berprestasi dan tes kemampuan menulis. Data dianalisis dengan Anava 2 jalan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat perbedaan yang signifikan pada kemampuan menulis antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran kuantum teknik TANDUR dan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional, 2) Terdapat pengaruh interaksi yang signifikan antara model pembelajaran kuantum teknik TANDUR dalam pembelajaran menulis dan motivasi berprestasi siswa terhadap kemampuan menulis, 3) untuk siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi, terdapat perbedaan kemampuan menulis yang signifikan antara siswa yang diberikan perlakuan menggunakan pembelajaran dengan model pembelajaran kuantum teknik TANDUR dan siswa yang diberikan perlakuan pembelajaran konvensional, dan 4) untuk siswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah, terdapat perbedaan kemampuan menulis yang signifikan antara siswa yang diberikan perlakuan menggunakan pembelajaran dengan model pembelajaran kuantum teknik TANDUR dan siswa yang diberikan perlakuan pembelajaran konvensional.Kata Kunci : Kemampuan Menulis, Motivasi Berprestasi, Pembelajaran Kuantum Teknik TANDUR. This research aims at investigating the effect of quantum technique learning model type TANDUR on writing competency viewed from student’s achievement motivation. It was a quasi-experiment of The Posttest-Only Control Group Design. The population was 351 students and the sample was 86 students which were gathered by using random sampling technique. The data were collected by using achievement motivation questionnaire and writing competency test. The data were analyzed by using Two-way Anova. The result of the research shows that: 1) there is a significant difference of writing competency between students following quantum technique learning model type TANDUR and those following conventional learning model, 2) there is a significant interactional effect between quantum technique learning model type TANDUR and achievement motivation on writing competency, 3) for students having high achievement motivation, there is a significant difference of writing competency between students following quantum technique learning model type TANDUR and those following conventional learning model, and 4) for students having low achievement motivation, there is a significant difference of writing competency between students following quantum technique learning model type TANDUR and those following conventional learning model.keyword : achievement motivation, TANDUR quantum learning model, writing competency.