PENGARUH PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN ASESMEN AUTENTIK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN NUMERIK PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 6 GIANYAR DAN SD NEGERI 7 GIANYAR DI GUGUS 1 KECAMATAN GIANYAR

Main Authors: ., AA ALIT PUSPAWATI, ., Prof. Dr. Nyoman Dantes, ., Prof. Dr. I Made Candiasa,MI.Kom
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan Dasar , 2014
Online Access: http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/1180
http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/1180/920
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kontekstual berbasisasesmen Autentik ditinjau dari bakat numerik terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SD Negeri 6 dan SD Negeri 7 Gianyar dengan menggunakan rancangan Post Test Only Control Group Design. Sampel penelitian berjumlah 118 orang yang dipilih dengan teknik Random Sampling. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan analisis varians (ANAVA) dua jalur dan dilanjutkan dengan uji Tukey. Hasil penelitiannya adalah : (1) secara keseluruhan, hasil belajar matematika siswa yang belajar dengan model pembelajaran kontekstual berbasisasesmen Autentik lebih tinggi daripada siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional (FA = 4.68 dengan p < 0,05), (2) terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dengan bakat numerik terhadap hasil belajar matematika siswa (FAB = 35.36 dengan p < 0,05). (3) untuk siswa yang memiliki bakat numerik tinggi, hasil belajar matematika siswa yang belajar dengan model pembelajaran kontekstual berbasisasesmen Autentik lebih tinggi daripada siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional (Q = 8.10 dengan p < 0,05), (4) untuk siswa yang memiliki bakat numerik rendah, hasil belajar matematika siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional lebih tinggi daripada siswa yang belajar dengan model pembelajaran asesmen Autentik (Q = 3.77 dengan p < 0,05).Berdasarkan hasil temuan penelitian, disimpulkan bahwa model pembelajaran asesmen Autentik berpengaruh terhadap hasil belajar matematika ditinjau dari bakat numerik pada siswa kelas VSD Neger 6 dan SD Negeri 7 Gianyar. Penelitian ini memberikan implikasi antara lain : 1) model pembelajaran asesmen Autentik merupakan model pembelajaran yang perlu dipertimbangkan untuk dilaksanakan dalam proses pembelajaran matematika, dan 2) penerapan model pembelajaran asesmen Autentik hendaknya mempertimbangkan tingkat bakat numerik siswa.Kata Kunci : Asesmen Autentik, bakat numerik hasil belajar matematika This research aims to investigate the effect of contextual learning model based on authentic assessment viewed from numerical talent towards mathematic learning outcome. This research was held in class V SD Negeri 6 and SD Negeri 7 Gianyar using Post Test Only Control Group Design. Research sample was 118 persons selected using random samplig technique. Data acquired were analyzed using two-way analysis of variance (ANAVA) and then continued by Tukey test. The results are: (1) Generally, mathematic learning outcome of students who learned using contextual learning model based on authentic assessment is higher than outcome of students who learned using conventional learning model (FA = 4.68 with p < 0,05), (2) there is interaction effect between learning model and numerical talent toward student’s mathematic learning outcome (FAB = 35.36 with p < 0,05). (3) for students who have high numerical talent, mathematic learning outcome of students who learned using contextual learning model based on authentic assessment is higher than outcome of students who learned using conventional learning model (Q = 8.10 with p < 0,05), (4) for students who have low numerical talent, mathematic learning outcome of students who learned using conventional learning model is higher than outcome of students who learned using authentic assessment model (Q = 3.77 with p < 0,05). Based on the findings, it can be concluded that authentic assessment learning model has effect on mathematic learning outcome viewed from numerical talent on fifth grade elementary students SD Negeri 6 and SD Negeri 7 Gianyar. This research gives implications that: 1) authentic assessment learning model must be considered to be held in the process of mathematic learning, and 2) the implementation of authentic assessment learning model should consider the level of student’s numerical abilitykeyword : authentic assessment, mathematic learning outcome, numerical talent