PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDENCE, SATISFACTION (ARCS) DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI DI GUGUS XIII KECAMATAN BULELENG

Main Authors: ., I KOMANG BUDI MAS ARYAWAN, ., Prof. Dr. I Wayan Lasmawan,M.Pd, ., Prof. Dr. I Made Yudana,M.Pd
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan Dasar , 2014
Online Access: http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/1115
http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/1115/861
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran ARCS dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar IPS pada siswa kelas V sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang menggunakan rancangan penelitian Post-Test Only Control Group Design serta menggunakan metode analisis data Anava dua jalur atau faktorial 2 x 2. Penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Random Sampling. Sehingga dapat ditentukan dua kelompok sampel, yaitu siswa kelas V di SD 1 Banjar Tegal dan siswa kelas VA di SD Mutiara sebagai kelas eksperimen serta siswa kelas V di SD 2 Banjar Tegal dan siwa kelas VB SD Mutiara sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian ini menunjukkan: pertama, terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar IPS antara kelompok model pembelajaran ARCS dan kelompok model pembelajaran konvensional. Kedua, terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan motivasi berpresatasi dalam pengaruhnya terhadap hasil belajar IPS. Ketiga, kelompok siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi, terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar IPS antara kelompok siswa yang mengikuti model pembelajaran ARCS dan kelompok siswa yang mengikuti model konvensional. Keempat, kelompok siswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah, terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar IPS antara kelompok siswa yang mengikuti model pembelajaran ARCS dan kelompok siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensionalKata Kunci : Model pembelajaran ARCS, motivasi berprestasi, hasil belajar IPS This study aimed to determine the effect of the application of ARCS learning model and achievement motivation on social studies learning achievement of the fifth grade elementary school students. This research was Post - Test Only Control Group Design and the data were analyzed by using two-way ANOVA with random sampling technique. So it can be determined two groups of samples, those are, the fifth grade students of SD 1 Banjar Tegal, and the fifth A grade students of SD Mutiara as experimental group while the fifth grade students of SD 2 Banjar Tegal and the fifth B grade students of SD Mutiara as control group. The results showed that: first, there were significant differences in learning achievement between the students taught by using ARCS learning model and those by conventional learning model. Second, there was a significant interactional effect of the implementation of the learning model and the students’ achievement motivation. Third, in the group of students who have high achievement motivation, there were significant differences in social studies learning achievement between the students taught by using ARCS and those by conventional learning model. Fourth, in the group of students who have low achievement motivation, there were significant differences in social studies learning achievement between the students taught by using ARCS and those by conventional learning modelkeyword : ARCS learning model, achievement motivation, social studies learning achievement