Hubungan antara kualitas pelayanan di unit rawat jalan kebidanan dengan loyalitas pasien terhadap di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Karawang 2013 = Relationship beetwen service quality in obstetric outpatient unit with patient loyalty in Karawang Public Hospital 2013 / Agustina Syahroel
Main Author: | Agustina Syahroel, author |
---|---|
Format: | Masters Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia
, 2013
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- <b>ABSTRAK</b><br> Tesisinimembahashubungankualitaspelayanan di unit rawatjalankebidanandenganloyalitaspasienterhadapRumahSakitUmum Daerah KabupatenKarawangtahun 2013.Tujuanumumpenelitianiniadalahmengetahui faktor penentu loyalitas pasien di Unit Rawat Jalan Kebidanan RSUD Karawang.Penelitian ini merupakan penelitian cross section dengan menggunakan metode kuantitatif dengan melakukan survei terhadap para pasien yang datang di Unit Rawat Jalan Kebidanan. Sifat penelitian ini adalah deskriptif dan verifikatif. Dalam penelitian ini, hipotesis yang akan diuji adalah hubungan antara kualitas pelayanan dengan loyalitas pasien terhadap pelayanan di unit rawat jalan kebidanan RSUD Karawang. Penelitianinidilakukandenganmetodesurvey explanatory yang terdiridari variable bebas yang mewakilikualitaspelayanankesehatan yang terdiridarilimasubvariabeldan variable terikat yang mewakililoyalitaspasien. Survey inidilakukanterhadap 100 orang respondenmelaluipengisiankuesioner yang pernyataan-pernyataannyamewakilivariabelvariabeltersebutdenganpenilaianmenggunakanskalalikert. Hasilanalisisdeskriptif variable kualitaspelayanandanloyalitasdiperolehskor rata-rata 3,542 -3,741 yang tergolongkategoripuas/loyal.Hasilanalisiskorelasidenganmenggunakankorelasi Pearson diperolehantarvariabel yang ditelitisemuanyaberkorelasipositipbermakna (p<0,001).HasilanalisispenelitiandenganmetodeRegresi Linier Multipeldiperolehhasilvariabel X5 (emphaty)merupakanfaktor yang paling kuatberhubungandenganloyalitaspasiendengankoefisien B = 0,426, kemudianmenyusul X2 (responsiveness), X1 (tangible),dan X3 (reliability),sedangkanvariabel X4 (assurance)secaramultivariabeltidakberhubunganbermakna(p=0,121). <hr> <b>ABSTRACT</b><br> This tesisdiscusses the relationship beetwen service quality in obstetric out patientunit with patient loyalty in Karawang Public Hospital 2013.The main purpose ofthis research is to find outdeterminant factor of patientloyaltyin obstetricout patientunit in Karawang Public Hospital. This study is a cross sectional study usingquantitative method by performing survey to patients who came in obstetric out patientunit. This is a descriptiveand verificativestudy. In this research, hypotesis that will be tested isrelationship beetwen service quality in obstetric out patientunit with patient loyalty in Karawang Public Hospital. This studyperformed with survey explanatorymethod with independent variable that represent healthy service quality consist of five subvariablesanddependent variable that represent patient loyalty.This surveyperformedto100 respondents who fill the quesionerconsists of that variables above withlikert scale. From analysisvariable descriptiveservice quality and loyalty got score rate 3,542 -3,741 that include satisfied/ loyal category. Correlation analysis using Pearson Correlation shows that all variablehas positive correlation (p<0,001). Research analysis with Multiple Linier Regretion methodshows that variableX5 (emphaty) has strongest factor relationship with patient loyaltywith B coeffisient= 0,426, then X2 factor (responsiveness), X1 factor (tangible), and X3 factor (reliability), where variable X4 (assurance) with multivariable methodhas no relationship (p=0,121).