Analisis yuridis terhadap iklan menyesatkan pada produk multivitamin dikaitkan dengan Undang-Undang Perlindungan Konsumen dan Kepmenkes no:386/Men.Kes/SK/IV/1994 (studi kasus: iklan multivitamin X) = Juridical analysis on misleading advertisements of multivitamin products in accordance to consumer protection law and Ministry of Health Regulation No:386/Men.Kes/SK/IV/1994 (a case study of multivitamin X product)

Main Author: Nenny Febriyanti, author
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Hukum Universitas Indonesia , 2012
Subjects:
Online Access: http://lib.ui.ac.id/file?file=digital/20312345-S43310-Analisis yuridis.pdf
Daftar Isi:
  • <b>ABSTRAK</b><br>Skripsi ini membahas mengenai iklan menyesatkan pada iklan multivitamin. Multivitamin merupakan sesuatu yang dibutuhkan untuk mengimbangi kegiatan manusia yang semakin sibuk sehingga dibutuhkan multivitamin untuk menjaga daya tahan tubuh maupun untuk berbagai manfaat lainnya. Pelaku usaha akan berlombalomba untuk mengiklankan produk multivitaminnya. Iklan ini sangat berperan dalam pengambilan keputusan apakah akan membeli suatu produk atau tidak. Oleh karena itu, sudah seharusnya iklan memberikan informasi yang sebenar-benarnya agar tidak menipu konsumen. Skripsi ini membahas mengenai pertanggungjawaban terhadap iklan yang menyesatkan tersebut. <hr> <b>Abstract</b><br> This thesis investigates the misleading multivitamin advertisement. Multivitamin is necessary to balance the daily activities of human who are more busy nowadays, thus vitamin is needed to keep the immune system and as well as the other benefits. Businessmen will compete to advertise their multivitamin products. These advertisements have a significant role in whether to buy or not to buy a product. Therefore, an advertisement should provide correct information in order not to deceive the consumers. This thesis discusses the responsibility of those misleading advertisements.;