PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS V SDN 08 MEMPAWAH
Main Authors: | AB, Syofianto, ., Syamsiati, Uliyanti, Endang |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2014
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/5931 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/5931/6000 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/5931/pdf |
Daftar Isi:
- Abstrak: Menggunakan metode demontrasi dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Tujuan penelitian adalah : Untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan dan untuk mengetahui apakah dengan metode demontrasi pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah metode deskriptif. Aktivitas belajar siswa pada saat pelaksanaan tindakan siklus I siswa mengamati dengan serius proses demontrasi, siswa serius mencatat hasil pengamatan demonstrasi, siswa dapat melakukan demonstrasi dan siswa mendengarkan penjelasan tentang materi yang disampaikan oleh guru, yaitu rata-rata 27,8 %, Setelah pelaksanaan tindakan siklus I rata-ratanya 82,2 % dan setelah pelaksanaan tindakan siklus II rata-ratanya 83,00 %. Hal ini menunjukan bahwa penggunaan metode demontrasi dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Kata Kunci: Metode Demonstrasi dan Aktivitas Belajar Siswa Abstract: Using the method of demonstration can enhance learners' learning activities in the learning of Natural Sciences. The research objective is: To know the planning, implementation and to determine whether the method of demonstration in studying the subject of Natural Sciences can enhance learning activities didik.Metode participants used in this classroom action research is descriptive method. Learners' learning activities prior to the implementation of the first cycle of action with a serious learners observe the demonstration, the students recorded observations serious demonstration, students can do a demonstration and the students listen to an explanation of the material presented by the teacher, which is an average of 27,8 %, After the implementation cycle I averaged 82,2 % and after the implementation of the second cycle of the average 83,00 %. This demonstration shows that the use of the method can improve the learners' learning activities in the learning of Natural Sciences. Keywords: Demonstration Method and Student Activities