PENGARUH PENGGUNAAN BUKU AJAR IKATAN KIMIA DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISTIK DAN MULTIREPRESENTASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA
Main Authors: | (F02109014), Herlian, Enawaty, Eny, ., Erlina |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2013
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/3310 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/3310/3323 |
Daftar Isi:
- Judul penelitian ini adalah Pengaruh penggunaan buku ajar ikatan kimia dengan pendekatan konstruktivistik dan multirepresentasi terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penggunaan buku ajar ikatan kimia dengan pendekatan konstruktivistik dan multirepresentasi terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPA SMA di Kota Pontianak. Bentuk penelitian yang digunakan adalah pre-experimental design dengan rancangan penelitian OneGroup Pretest-Posttest Design. Sampel penelitian ini adalah 36 siswa kelas XI IPA dari SMAN 6 Pontianak, SMAN 8 Pontianak, dan SMAK Immanuel Pontianak. Data prestasi belajar siswa yang tidak homogen, dianalisis menggunakan statistik non-parametrik uji Wilcoxon. Hasil analisis menunjukkan bahwa buku ajar ikatan kimia dengan pendekatan konstruktivistik dan multirepresentasi berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa baik siswa di SMAN 6 Pontianak, SMAN 8 Pontianak, dan SMAK Immanuel Pontianak dengan nilai sig. masing-masing 0,002; 0,002; dan 0,002 dengan tingkat kepercayaan 95% (? = 0,05). Kata kunci: pendekatan konstruktivistik, multirepresentasi, prestasi belajar. Abstract: The title of this research is "The effect of using the chemical bond textbook with constructivistic approach and multiple-representation on students achievement". The aims of this research is to know the effect of using the chemical bond textbook with constructivistic approach and multiple-representation on students achievement at XIst IPA in Pontianak. The form of this research is a pre-experimental design with design One-Group Pretest-Posttest Design. The sample were 36 students of XIst IPA in SMAN 6 Pontianak, SMAN 8 Pontianak, and SMAK Immanuel Pontianak. Students achievement data are not homogen, analyzed using nonparametric statistic Wilcoxon-Test. The analysis result showed that textbook about chemical bonds with constructivist approach and multiple representation effect on student achievement both students of SMAN 6 Pontianak, SMAN 8 Pontianak, and SMAK Immanuel Pontianak with significance score respectively 0.002, 0.002, and 0.002 level of confidence set at 95% (? = 0,05). Keywords: constructivistic approach, multiple-representaition, learning achievement.