Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Aplikasi Go-Food Selama Pandemik COVID-19 (Studi Pada Konsumen Kota Bandung)

Format: Bachelors
Terbitan: #CREATOR_ORGNAME# , 2022
Subjects:
Online Access: http://digilib.polban.ac.id\/download.php?id=42071
Daftar Isi:
  • Aplikasi Go-Food merupakan aplikasi yang melayani pemesanan makanan maupun minuman secara online yang dibuat oleh PT Gojek Indonesia. Terdapat beberapa kebijakan baru yang dibuat oleh PT Gojek Indonesia untuk mengurangi penyebaran pandemik COVID-19 ini, namun masih ada sebagian mitra driver maupun mitra merchant yang masih belum menerapkan kebijakan tersebut seperti masih terdapat driver Go-Food yang tidak konsisten dalam menggunakan masker dan sarung tangan, belum terdapat jaminan kebersihan pengolahan makanan atau minuman dari pihak penjual, dan perusahaan belum menjamin penerapan social distancing pada karyawannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap bagaimana kualitas pelayanan yang diberikan oleh aplikasi Go-Food, bagaimana kepuasan pelanggan aplikasi Go-Food dan untuk mengungkap apakah kualitas pelayanan memiliki pengaruh terhadap kepuasan pelanggan pengguna aplikasi Go-Food selama pandemik COVID-19 pada konsumen Kota Bandung. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 912.000 orang masyarakat Kota Bandung pada kelompok usia muda (15-34 tahun) yang menggunakan aplikasi Go-Food selama pandemik COVID-19 dengan jumlah sampel sebanyak 384 orang konsumen Go-Food. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling acak sederhana. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan teknik survey melalui penyebaran kuesioner online melalui google form. Data penelitian ini dianalisis dengan analisis deskriptif variabel dan regresi linear sederhana. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan yang diberikan oleh PT Gojek Indonesia dalam aplikasi Go-Food selama pandemik COVID-19 pada konsumen Kota Bandung termasuk pada kategori baik, konsumen Kota Bandung merasa puas dengan layanan yang diberikan oleh aplikasi Go-Food selama pandemik COVID-19 dan terdapat pengaruh positif dan signifikan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pengguna aplikasi Go-Food selama pandemik COVID-19 pada konsumen Kota Bandung.