Pengaruh Implementasi Green Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen The Body Shop di Kota Bandung)

Format: Bachelors
Terbitan: #CREATOR_ORGNAME# , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.polban.ac.id\/download.php?id=32767
Daftar Isi:
  • Green marketing mix atau yang biasa disebut dengan bauran pemasaran hijau adalah sebuah konsep dimana upaya kegiatan yang berkaitan dengan produk, harga, tempat dan promosi dengan mempertimbangkan kelestarian lingkungan atau kesehatan lingkungan. Saat ini, banyak organisasi-organisasi muncul dengan slogan ramah lingkungan pada perusahaannya. Salah satunya adanya The Body Shop. The Body Shop merupakan pelopor perusahaan dalam bidang perawatan atau kesehatan kulit yang menerapkan konsep green marketing mix. Akan tetapi, dengan terus menurunnya penjualan The Body Shop beserta pangsa pasarnya, dikhawatirkan apabila hal tersebut terus dibiarkan akan membuat konsumen beralih ke pesaing lain. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) bauran pemasaran hijau di The Body Shop Kota Bandung (2) keputusan pembelian konsumen di The Body Shop Kota Bandung (3) pengaruh green marketing mix terhadap keputusan pembelian secara simultan (4) pengaruh green marketing mix terhadap keputusan pembelian secara parsial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan kuantitatif. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis linear berganda, analisis korelasi dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa green marketing mix termasuk dalam kategori cukup baik. sedangkan keputusan pembelian berada dalam ketgori baik. Secara simultan, green marketing mix berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. apabila secara parsial, tidak semua dimensi green marketing mix berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Green price dan green promotion berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian sedangkan green product dan green place tidak berpengaruh secara positif terhadap keputusan pembelian. Pengaruh implementasi green marketing mix terhadap keputusan pembelian adalah sebesar 31,9%. Kata kunci: green marketing mix, keputusan pembelian, The Body Shop.