Pengaruh E-Service Quality Terhadap E-Customer Satisfaction Pada HaloDoc (Studi Pada Pengguna HaloDoc)

Format: Bachelors
Terbitan: #CREATOR_ORGNAME# , 2021
Subjects:
Online Access: http://digilib.polban.ac.id\/download.php?id=39725
Daftar Isi:
  • Kemajuan teknologi saat ini telah merubah beberapa aspek kehidupan salah satunya adalah aspek pada pola kegiatan bisnis dan industri perdagangan. Salah satu bentuk nyata kemajuan teknologi adalah internet. Hal yang dapat dilakukan dalam memanfaatkan kecanggihan teknologi yaitu internet dalam ruang lingkup bisnis adalah dengan beralih menjadi sebuah e-commerce. E-commerce yang bergerak di bidang jasa khususnya di Indonesia adalah HaloDoc, yaitu sebuah platform digital yang bergerak di bidang kesehatan. Agar pengguna (konsumen) merasakan kepuasan saat melakukan belanja online (e-customer satisfaction) maka kualitas pelayanan merupakan salah satu aspek yang perlu diperhitungkan dalam sebuah e-commerce atau istilah tersebut dikenal dengan e-service quality. Pada pre-survey yang dilakukan, sebagian responden mengatakan bahwa masih terdapat beberapa hal yang kurang dalam e-service quality yang ditawarkan oleh HaloDoc dari segi efficiency, fulfillment, system availability, dan contact. Timbulnya permasalahan tersebut, maka hal ini dirasa layak untuk diteliti lebih lanjut sehingga pada akhirnya diketahui bagaimana pengaruh e-service quaility terhadap e-customer satisfaction pada HaloDoc. Pendekatan kuantitatif dengan metode survei eksplanatori atau dapat disebut dengan survei deskriptif adalah metode yang digunakan dalam penelitian ini. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh pengguna HaloDoc di Indonesia, dengan jumlah sampel sebanyak 151 responden dan teknik non-probability sampling dengan cara purposive samplingi digunakan dalam pengambilan sampel dalam penelitian ini. Untuk mengolah data pada penelitian ini maka digunakan IBM SPSS Statistics 23 sebagai alat pengolah data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa e-service quality dan e-customer satisfaction pada HaloDoc berada dalam kategori tinggi. Selain itu, penelitian ini menghasilkan bahwa e-service quailty memiliki pengaruh yang positif terhadap e-customer satisfaction pada HaloDoc. Penemuan pada penelitian ini ditujukan agar objek penelitian mampu meningkatkan kembali kualitas pelayanannya agar pengguna (konsumen) dapat merasakan kepuasan melalui pengalaman belanja online-nya di HaloDoc. Kata Kunci : Kemajuan Teknologi, Bisnis, E-Commerce, E-Service Quality, E-Customer Satisfaction, HaloDoc.