Analisis Kepuasan Pelanggan Pengguna Provider XL di Kota Bandung
Format: | Bachelors |
---|---|
Terbitan: |
#CREATOR_ORGNAME#
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.polban.ac.id\/download.php?id=20218 |
Daftar Isi:
- Sektor bisnis telekomunikasi di Indonesia mempunyai potensi yang sangat besar. Hal tersebut mengakibatkan persaingan yang cukup ketat dalam bidang ini. Dalam persaingan bisnis yang ketat, perusahaan harus menjadikan orientasi kepuasan pelanggan menjadi tujuan utama. Dengan terciptanya kepuasan pelanggan dapat memberikan banyak manfaat bagi perusahaan. Kepuasan pelanggan berpengaruh besar terhadap loyalitas pelanggan yang nantinya berdampak terhadap profitabilitas perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan dan faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasaan pelanggan pengguna provider XL di Kota Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan analisis data menggunakan importance performance analysis serta customer satisfaction index. Berdasarkan hasil analisis customer satisfaction index diketahui bahwa kepuasan pelanggan pengguna provider XL di Kota Bandung termasuk ke dalam kategori puas atau dengan customer satisfaction index sebesar 63,33%. Berdasarkan Importance Performace Analysis, didapatkan beberapa atribut yang mempengaruhi kepuasan pelanggan. diantaranya adalah, kualitas suara yang jernih, layanan produk sesuai dengan yang dijanjinkan, kesediaan dan kesigapan operator XL dalam menanggapi keluhan dan teknologi terdepan (4G). Kata kunci: kepuasan, pelanggan, importance performance analysis, customer satisfaction index.