Hubungan Pelayanan Customer Care by Online (caroline) dengan Kepuasan Pelanggan Telkomsel Regional Medan
Main Author: | Asri, Tasya Permata |
---|---|
Format: | Article info eJournal |
Terbitan: |
Universitas Sumatera Utara
, 2016
|
Online Access: |
https://jurnal.usu.ac.id/index.php/Jurnal_niaga/article/view/10905 |
Daftar Isi:
- ABSTRACTTelecommunications Company is a company engaged in the field of telecommunications services so that customer satisfaction and customer loyalty are the main factors that must be improved for the sake of the survival of the company. If it is not addressed then it is likely customers will not come back to buy the product will even switch to another company. Quality of service is another factor that should always be maintained and enhanced in order to achieve customer satisfaction. This study aims to determine "Relations Services Customer Care by Online (caroline) with Telkomsel Regional Customer Satisfaction Terrain". The population in this study is the first Regional Telkomsel customers (especially the city of Medan) In the sampling, the technique used was accidental sampling (accidental) / convenience sampling (suitability). Data were collected using questionnaires, interviews, literature study and documentation study. Variables measured using a Likert scale. Data processing using SPSS version 18 software and testing the hypothesis with a simple linear regression analysis. ". From the result of data processing shows that the probability value (sig) amounted to 0.01 (sig.0,0ı α0,05). Thus H0 rejected. Impact of service quality to customer satisfaction is signifikan.Berdasarkan t-test results can be seen that in partial service quality is significant variables that affect customer satisfaction Telkomsel.From the result of data processing shows that the value of F with probability Sig.0,000α 0,05 Thus H0 rejected. Impact of service quality to customer satisfaction is significant.Based on the above data can be seen in the relationship between service quality to customer satisfaction is positive or influence which shows the relationship between the dimensions of the variables of service quality to customer satisfaction.Keywords: Service Quality, Customer SatisfactionABSTRAK Perusahaan Telekomunikasi merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang layanan jasa telekomunikasi sehingga kepuasan konsumen dan loyalitas pelanggan adalah faktor utama yang harus ditingkatkan demi kelangsungan hidup perusahaan. Bila hal itu tidak diperhatikan maka kemungkinan pelanggan tidak akan kembali untuk membeli produk bahkan akan beralih ke perusahaan lain. Kualitas pelayanan juga merupakan faktor lain yang selalu harus dijaga dan ditingkatkan demi tercapainya kepuasan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Hubungan Pelayanan Customer Care by Online (caroline) dengan Kepuasan Pelanggan Telkomsel Regional Medan”. Yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan Telkomsel Regional I (khususnya wilayah kota Medan) Dalam pengambilan sample,teknik yang digunakan adalah accidental sampling (kebetulan)/convenience sampling (kesesuaian). Data dikumpulkan menggunakan Kuesioner, wawancara, studi kepustakaan dan studi dokumentasi. Variabel diukur menggunakan skala likert. Pengolahan data menggunakan perangkat lunak SPSS versi 18 dan pengujian hipotesis dengan analisis regresi linear sederhana. ”. Dari hasil pengolahan data terlihat bahwa nilai probabilitas (sig) adalah sebesar 0,01 (sig.0‚0ı< α0‚05) . Dengan demikian H0 ditolak. Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen adalah signifikan.Berdasarkan hasil Uji-t dapat diketahui bahwa secara parsial variabel kualitas pelayanan adalah variabel yang signifikan yang mempengaruhi kepuasan konsumen Telkomsel. Dari hasil pengolahan data terlihat bahwa nilai F dengan probabilitas Sig.0‚000<α 0‚05 Dengan demikian H0 ditolak. Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen adalah signifikan. Berdasarkan data diatas dapat dilihat keeratan hubungan antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen bertanda positif ataupun berpengaruh dimana menunjukkan adanya hubungan antara dimensi dari variabel kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen