Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Dan Cafe Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Dan Dampaknya Pada Customer Satisfaction di Kopi Kulo Pontianak
Main Author: | Sriwahyuni, Eca B1021171109 |
---|---|
Format: | Article info eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Manajemen Update
, 2022
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/ejmfe/article/view/52063 |
Daftar Isi:
- PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK, DAN CAFE ATMOSPHERE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DAN DAMPAKNYA PADA CUSTOMER SATISFACTION Eca SriwahyuniProdi S1 Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tanjungpura Pontianak ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga, kualitas produk, dan cafe atmosphere terhadap keputusan pembelian dan dampaknya pada customer satisfaction di Kopi Kulo Pontianak. Penelitian ini terdiri dari variabel independen yaitu harga, kualitas produk, dan cafe atmosphere, variabel intervening yaitu keputusan pembelian, dan variabel dependen yaitu customer satisfaction. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif bentuk kausal, sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah responden yang pernah melakukan pembelian produk Kopi Kulo di Kota Pontianak, dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan teknik analisis yang digunakan adalah analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dan customer satisfaction; kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dan customer satisfaction; cafe atmosphere berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dan customer satisfaction; keputusan pembelian berpengaruh signifikan terhadap customer satisfaction; dan keputusan pembelian memediasi pengaruh harga, kualitas produk, dan cafe atmosphere terhadap customer satisfaction di Kopi Kulo Pontianak. Kata kunci: Harga, Kualitas Produk, Cafe Atmosphere, Keputusan Pembelian, Customer Satisafction DAFTAR PUSTAKA Amelia, L. R. (2015). The Influence of Marketing Mix Variables on Purchase Decision and Customer Satisfaction (Case study of Customer of Vitiara Rent Car Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 28(2).Anggita, R., & Ali, H. (2017). The Influence of Product Quality, Service Quality and Price to Purchase Decision of SGM Bunda Milk (Study on PT. Sarihusada Generasi Mahardika Region Jakarta, South Tangerang District). A (Multidisciplinary Journal).Berman, Barry, and Joel R. Evans. (2010). Retail Management. New Jersey: Prentice Hall.Bilson Simamora (2005). Analisis Mulivariat Pemasaran Edisi Pertama. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.Gulliando, D., & Shihab, M. S. (2019). The Effect of Product Quality, Price and Promotion on the Purchase Decision of Telkomsel Service Products. International Journal of Innovative Science and Research Technology, 4(9), 419-425.Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Cetakan Keempat. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.Ghozali, Imam. 2011. “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS”. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.Hasanuddin, M. R., Rachma, N., & Wahono, B. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Pada Pelanggan Kedai Kopi Mr Beard Coffee Jl, Saxophone No. 47 Tunggul Wulung Lowokwaru Malang). Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 9(11).https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2018/07/31/2021-konsumsi-kopi-indonesia-diprediksi-mencapai-370-ribu-tonhttps://ekonomi.kompas.com/read/2018/05/14/090900326/baru-5-bulan-sudah-punya-belasan-cabang-kopi-kulo-andalkan-ide-gila https://swa.co.id/swa/trends/pertumbuhan-bisnis-kedai-kopihttps://teamrrq.com/news/kedatangan-teman-baru-team-rrq-sambut-kerja-sama-dengan-kedai-kopi-kulohttps://www.inews.id/travel/kuliner/data-dan-fakta-tren-menjamurnya-kedai-kopi-kekinian-di-indonesiaKotler dan Amstrong. (2012), Prinsip Prinsip Pemasaran. Edisi 13 Jilid 1 Jakarta: Erlangga.Kotler dan Keller. (2016). Manajemen Pemasaran. Edisi 12 Jilid 1 & 2.Jakarta: PT. Indeks.Kusumawathi, N. W., Giana, D. P. D., & I GA, O. S. (2019). Pengaruh Store Atmosphere, Kualitas Produk, dan Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Konsumen di Seniman Coffee Studio. E-Jurnal Agribisnis dan Agrowisata, 8(1).Levy, Michael dan Weitz, Barton A. (2012). Retailing Management. New York: McGraw-Hill/Irawan.Lupiyoadi, Rambat. (2001). Manajemen Pemasaran Jasa.Selemba Empat, Jakarta.Malik, M. E., Ghafoor, M. M., & Hafiz, K. I. (2012). Impact of Brand Image, Service Quality and price on customer satisfaction in Pakistan Telecommunication sector. International journal of business and social science, 3(23).Nadzirummubin, M. (2019). Pengaruh store atmosphere terhadap kepuasan konsumen di mediasi oleh keputusan pembelian pada toko buku Togamas Cabang Kota Malang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).Peter, J. Paul dan Jerry C Olson. 2002. Consumer Behavior and Marketing Strategy Sixth Edition. McGraw-Hill Irwin.Pratiwi, N. R., Pradiani, T., & Alamsyah, A. R. (2021). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Dengan Keputusan Pembelian Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis, 2(2), 18-27.Rico, R., Lie, D., Butarbutar, M., & Wijaya, A. (2018). Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek terhadap Kepuasan Konsumen melalui Keputusan Pembelian sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus pada Warnet Pengguna Telkom Speedy di Kecamatan Siantar Timur). Maker: Jurnal Manajemen, 4(1), 20-31.Saraswati, P. (2014). Pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan (Survey pada pelanggan coffee shop starbucks di Surabaya dan Kuala Lumpur). Jurnal Administrasi Bisnis, 14(1).Schiffman, L.G., dan Kanuk, L.L. (2010). Consumer Behaviour (10th ed). New Jersey, Pearson Prentice Hall.Sugiyono. (1997). Metodologi Penelitian Administrasi. Yogjakarta: CV Alfabeta.Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Binis, Cetakan Kesepuluh, CV Alfabeta, Bandung.Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : ALFABETA.Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.Tatangin, A. E., Ogi, I. W., & Loindong, S. S. (2017). Pengaruh Servicescape Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Rumah Makan Mie Medan 99 Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 5(2).Tendean, A., & Widodo, A. (2015). Pengaruh store atmosphere terhadap kepuasan konsumen (Studi pada Maja House Sugar & Cream Bandung). eProceedings of Management, 2(2).Tjiptono, Fandy, Ph.D dan Chandra,G.(2012). Pemasaran Strategik.Andi, YogyakartaTjiptono,Fandy., Ph.D. (2015). Strategi Pemasaran, Edisi 4, Penerbit Andi, Yogyakarta.Utami, Christina Whidya. (2010). Manajemen Ritel Edisi 2. Jakarta: Salemba Empat.Wahyuningtias, R., & Wahyuati, A. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 6(3).Wulansari, E. (2014). Pengaruh Cafe Atmosphere Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pos Shop Coffee Toffee Simpang. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 2(3).