PENGARUH BRAND IDENTITY DAN BRAND EXPERIENCE TERHADAP BRAND IMAGE DAN BRAND TRUST SERTA DAMPAKNYA PADA BRAND LOYALTY (STUDI PADA KONSUMEN SEPATU OLAHRAGA MEREK ADIDAS DI KOTA PONTIANAK)
Main Author: | admin, admin B1021171099 |
---|---|
Format: | Article info eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Manajemen Update
, 2021
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/ejmfe/article/view/45944 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh brand identity terhadap brand image (2) pengaruh brand identity terhadap brand trust (3) pengaruh brand identity terhadap brand loyalty, (4) pengaruh brand experience terhadap brand image produk sepatu olahraga merek Adidas (5) pengaruh brand experience terhadap brand image, (6) pengaruh brand experience terhadap brand trust, (7) pengaruh brand image terhadap brand trust, (8) pengaruh brand image terhadap brand loyalty, (9) pengaruh brand trust terhadap brand loyalty sepatu olahraga merek Adidas di Kota Pontianak. Jenis penelitian ini berbentuk klausal yang menguji hubungan sebab akibat, dimana instrumen penelitian ini berupa kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat di Kota Pontianak yang memiliki dan menggunakan sepatu olahraga merek Adidas. Sampel sebanyak 100 responden yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Uji validitas instrumen menggunakan Convergent Validity dan Discriminant Validity sedangkan uji reliabilitasnya menggunakan Composite Reability dan Cronbach Alpha. Teknik analisis yang digunakan adalah PLS-SEM dengan aplikasi SmartPLS 3.0 Hasil penelitian menemukan bahwa: (1) brand identity berpengaruh positif terhadap brand image, (2) brand identity tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap brand trust, (3) brand identity tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap brand loyalty, (4) brand experience berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand image, (5) brand experience tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap brand trust, (6) brand experience berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand loyalty, (7) brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand trust, (8) brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand loyalty, (9) brand trust berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand loyalty sepatu olahraga merek Adidas. Kata kunci: brand identity, brand experience, brand image, brand trust, brand loyalty DAFTAR PUSTAKA Aaker, David, (1991), Managing Brand Equity; Capitalizing on the Value of Brand Name. New York: Free Press. Aaker, David A & Erich Joachimsthaler. (2002). “Brand Leadership” UK Ltd: United Kingdom. Abdullah, W & Jogiyanto, H, M (2009). “Konsep dan Aplikasi PLS (Partial Least Square) untuk Penelitian Empiris”. Yogyakarta: Badan Penerbit Fakultas Ekonomi Dan Bisnis UGM. Aniisa, Mira. (2016). “Pengaruh Citra Merek, Kepercayaan Merek, dan Kepuasaan Konsumen Terhadap Loyalitas Merek Jasa Kurir” (Skripsi yang Dipublikasikan). Universitas Negeri Yogyakarta. Anjani Arin. (2017). “Pengaruh Brand Image dan Brand Trust terhadap Brand Loyalty Lipstik Revlon (Skripsi yang Dipublikasikan)”. Universitas Negeri Yogyakarta. Aris Prabowo. (2013).”Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Brand Trust, Brand Image, dan Kepuasan Pelanggan terhadap Brand Loyalty pada Air Mineral Aqua” (Skripsi yang Dipublikasikan). Jakarta : Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Arlan Tjahyadi, Rully. (2006). “Brand Trust dalam Konteks Loyalitas Merek: Peran Karakteristik Merek, Karakteristik Perusahaan dan Karakteristik Hubungan Pelanggan Merek”. Jurnal Manajemen, Vol 6, No. 1. Aziz, Sahin. (2011). “The Effect of Brand Experience, Trust and Satisfaction on Bulding Brand Loyalty: An Empirical Research on Global Brand”. Bachdar, Saviq. (2013). “Mengenai Konsep 5A, PAR, dan BAR”. Diakses tanggal 05 September 2020 dari http://marketers.com/article/mengenai-konsep-5a-par-dan-bar.html. Badan Pusat Statistik. (2013-2017).“Persentase Pengeluaran Rata-rata PendudukIndonesia per Kapita per Tahun Menurut Kelompok Barang Tahun 20132017”. Diakses dari www.bps.go.id pada tanggal 05 September 2020. Barnes, James G. (2003). “Secrets of Customer Relationship Management. Andi:Yogyakarta. Brakus, J.J., B.H Schmitt & Zarantonello. (2009). “Brand Experience; What is It?How Is It Measured? Does It Affect Loyalty?. Journal of Marketing”. Chang, W.J . (2020). “Experiental Marketing, Brand Image, and Brand Loyalty:A Case Study of Starbucks. Publikasi: Emerald Insight. Chaudhuri, A., & Halbrook, M. B. (2001). “The Chain of Effects from Brand Trust and Brand Affect to Brand Performance: The Role of Brand Loyalty. Journal Marketing. Chao-Chin Huang. (2017). "The Impacts of Brand Experiences on Brand Loyalty: Mediators of Brand Love and Trust", Management Decision, Vol. 55. Emerald Insight. Chin, W. W., & Dibbern, J. (2010). “An Introduction To A Permutation Based Procedure For Multi-Group PLS Analysis: Results of Tests of Differences on Simulated Data And A Cross Cultural Analysis of The Sourcing of Information System Services Between Germany and The USA”. Chin, W.W J. Henseler, & H. Wang. (1998), “Handbook of Partial Least Squares Concepts, Methods And Applications”. Berlin: Springer. Delgado, Elena & Manuera, J.L. (2001), “Brand Trust in the Context of. Consumer Loyalty”, European Journal of Marketing, Vol. 35 No. 11/12, pp. 1238-1258. Deutsch, M. (2000). “Conflict Resolution Theory and Practice”. San Fransisco: Jossey Bass. Edhyaruman. (2016). “Pengaruh Brand Image terhadap Brand Love yang Implikasinya terhadap Word of Mouth (Studi Kasus Merek Adidas di Galeth Sepatu Tangerang)”. Escalas, Jennifer Edson & James R. Bettman. (2003). “You Are Whay They Eat: The Influence of Kelompok Referensis on Consumers’ Connections to Brands. Ferrinadewi, Erna. (2008). “Merek dan Psikologi Konsumen”. Yogyakarta: Graha Ilmu. Geisser, J.R. (1975). “The Predictive Sa, Ple Reuse Method With Application”. Journal of the American Statisticalassociasion. Ghozali, Imam. (2011). “Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS”. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Ghozali, I. Latan, H. (2012). “Partial Least Square : Konsep, Teknik dan Aplikasi Smartpls 2.0 M3”. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Gilmore, J.H & Pine. J.B II (2002). “Customer Experience Places: The New Offering Frontier”. Strategy & Leadership, Vol. 30 No. 4. Gounaris,S. & Stathakopoulos, V. (2004). “Antecedents and Consequences Of Brand Loyalty: An Empirical Study. Journal Of Brand Management”, 11(4), 283-306. Hair, Jr. Joseph., et al. (2006). “Multivariate Data Analysis Pearson InternationalEdition 6”. New Jersey: Prentice-Hall.Inc. Hair, Jr. Joseph., et al. (2011). “Multivariate Data Analysis Fitth Edition”. New Jersey: Prentice-Hall.Inc. Hair, Jr. Joseph., et al. (2014), “Multivariate Data Analysis, New International Edition”., New. Jersey : Pearson. Harrison, L. J., & Walker. Halim. (2014). ”Pengaruh Brand Identity terhadap Timbulnya Brand Preference dan Repurchase Intention Pada Merek Toyota”. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra. Publikasi: Universitas Petra. Hatane Samuel & Reynaldi, S.P. (2018). “Brand Experience, Brand Commitment, Brand Loyalty Pengguna Iphone di Surabaya”. Publikasi: Univesitas Kristen Petra. Hendrajati Aditiya. (2016). “Pengaruh Brand Identity terhadap Brand Loyalty Melalui Brand Image dan Brand Trust”. Yamaha:. Publikasi: Universitas Negeri Yogyakarta. Huang C.C, (2017). "The Impacts of Brand Experiences on Brand Loyalty: Mediators of Brand Love and Trust", Management Decision, Vol. 55 Issue: 5, pp.915-934. Publikasi: Emerald Insight. Kazemi, Ali. (2013). “Analyzing the Effect of Customer Equity on Repurchase Intentions”. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, Vol. 3, No. 6 ISSN: 2222-6990. Kementerian Perindustrian Indonesia. (2019). “Daya Saing Industri di Indonesia Tahun 2019”. Diakses dari www.kemenperin.go.id pada tanggal 05 September 2020. Kompas. (2020). “Terdampak Virus Corona, Laba Adidas Anjlok 93 Persen’.Diakseshttps://money.kompas.com/read/2020/04/29/150000526/terdampak-virus-corona-laba-adidas-anjlok-93-persen?page=all pada tanggal 02 Desember 2020. Kontan. (2020). “Efek Virus Corona Menghantam Bisnis Olahraga Adidas dan Puma”. Diakses dari https://internasional.kontan.co.id/news/efek-virus-corona-menghantam-bisnis-olahraga-adidas-dan-puma pada tanggal 02 Desember 2020. Kotler, Philip. (1987). Manajemen Pemasaran. Edisi Indonesia. Erlangga: Jakarta. Kotler, Philip. (1991). “Manajemen Pemasaran : Analisis, Perencanaan,. Implementasi, dan Kontrol”. Jakarta. Kotler, Philip & Kevin Lane Keller (2006) “Marketing Management” TwelfthEdition, Pearson Kotler, Philip. '2001. Manajemen Pemasaran di indonesia Edisi Bahasa Indonesia. Jakarta: PT. Salemba Empat. Kotler, Philip & Waldemar, Pfoertsch. (2008). “B2B Brand Management”, : PT. Gramedia Pustaka Utama Kotler & Keller. (2009). “Manajemen Pemasaran. Jilid I’. Edisi ke 13” Jakarta: Erlangga. Alma, Buchari. 2013 Koufaris, M. & Hampton-Sosa, W., (2002), “The Development of Initial Trust InAn Online Company By New Customers”, Information & Management,Vol. 41 No. 3. Kuenzel, S., & Halliday, S. V. (2010). “The Chain of Effect from Reputation and Brand Personality Congruence to Brand Loyalty: The Role of Brand Identification”. Journal of Trageting, Measurement and Analysis for Marketing, Vol. 18 No. 3⁄4. Kuncoro, Mudrajad. (2003). “Metode Riset untuk Bisnis & Ekonomi”. Jakarta: Erlangga. Lassar, W. et al., (1995). “Measuring Customer Based Brand Equity”. Journal of Consumer Marketing, vol.2 (1). Lau, Geok Theng & Lee, Sook Han. (1999). “Consumers’ Trust in a Brand and the Link to Brand Loyalty”. Journal of Market Focused Management, Vol.4. Lunardi Jeconiah & Sugiharto Sugiono. (2015). “Analisa Pengaruh Brand Identity terhadap Pembentukan Brand Image dengan Promotion Mix dan Brand Awareness Sebagai Variabel Intervening Pada Merek Speedo”. Publikasi: Universitas Kristen Petra. McCracken, Grant. (1989). “Who is the Celebrity Endorser? Cultural Foundations of the Endorsement Process”. Journal of Consumer Research. Mediaini. (2020). Microsoft dan Adidas Tutup Toko. Akankah Semua Bernasib Sama. Diakses dari https://mediaini.com/microsoft-dan-adidas-tutup-toko-akankah-semua-bernasib-sama/ pada tanggal 02 Desember 2020 Mitha F.N. (2014). “Pengaruh Brand Image dan Brand Trust terhadap Brand Loyalty King Thai Tea bandung”. Universitas Katolik Parahyangan Bandung. Morgan, R.M Hunt. (1994). “The Commitment-Trust Theory of RelationshipMarketing”. Journal Marketing. Morrison & Crane (2007), “Building the Service Brand by Creating andManaging an Emotional Brand Experience”. Journal of BrandManagement. Vol. 14. Mowen, John & Michael Minor. (2002). “Perilaku Konsumen”. Jakarta: Erlangga. Naggar, R.A.A.E. & Bendary, N. (2017). “The Impact of Experience and BrandTrust on Brand Loyalty, While Considering the Mediating Effect of BrandEquity Dimension, an Empirical Study on Mobile Operator Subscribers inEgypt”. The Business and Management Review. Noel, A.E, Marseille, France, & Dwight Merunka. (2013). “The Role Of Brand Love in Consumer-Brand Relationships”. Emerald Insight. Oliver, Richard L. (1999). “Whence Consumer Loyalty?”. Journal of Marketing.Vol. 63. Pine, D.J & Gilmore, J.H (1998). “Welcome to The Experience Economy”.Harvard Business Review, July-August 1998, 97-105. Rahmat & Marso. (2020). “Hubungan Brand Experience, Brand Image, BrandSatisfaction, dan brand Loyalty dalam Perspektif Four-Stage Loyalty Model (Studi terhadap Mahasiswa Pengguna Smartphone di Tarakan)”. Publikasi: Jurnal Manajemen Pemasaran Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bulungan Tarakan. Rangkuti, Freddy. (2004). “The Power of Brand”. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama. Rizan, Muhammad., dkk. (2012). “Pengaruh Brand Image dan Brand Trust Terhadap Brand Loyalty Teh Botol Sosro Survei Konsumen Teh Botol Sosro di Food Court”. Itc Cempaka Mas, Jakarta Timur. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia. 3(1), 1-17. Diakses tanggal 05 Sepetmber 2020 dari http://www.jrmsi.com/attachments/article/17/pengaruh-brandimage-dan-brand-trust-terhadap-brand-loyalty-the-botol-sosro.pdf. Romaniuk, Jenni, Sharp, Byron, Paech, Samantha & Driesener, Carl, (2013), “Brand and Advertising Awareness: A Replication and Extension of a Known Empirical Generalisation”, Australasian Marketing Journal 12 (3). Sasmita, J., & Suki, N.M. (2015). “Young Consumers’ Insights on Brand Equity: Effects of Brand Association, Brand Loyalty, Brand Awareness, and Brand Image”, International Journal of Retail & Distribution Management, Vol. 43. Schiffman, Leon G & Leslie L Kanuk. (1997). "Consumer Behavior”., Prentice. Hall., New Jersey. Simamora, Bilson. Schiffman, Leon & Leslie, L.K. (2007) “Perilaku Konsumen Edisi 7”.Prentice Hall, New Jersey. Schiffman, Leon G & Leslie L Kanuk. (2009). “Perilaku Konsumen Edisi 7”. Jakarta: Index . Schmitt, B.H. (1999), “Experiential Marketing”, Journal of MarketingManagement, Vol. 15 No. 1-3. Singgih, Santoso (2014). “SPSS 22 from Essential to Expert Skills”, Gramedia anggota IKAPI, Jakarta.Sofyan, Yamin & Heri Kurniawan, (2009), “Generasi Baru Mengolah Data Penelitian dengan partial Least Square Path Modeling”. Jakarta: Salemba Infotek. Sternberg, R.J. (1986). “A Triangular Love Theory of Love. Psychological Review”. Vol 93 no. 2. 119-135. American Psychology Asociation, Inc. Setiadi, N.J. (2003). “Perilaku Konsumen : Konsep dan Implikasi Untuk Strategidan Penelitian Pemasaran”. Jakarta : Kencana. Suara (2020). “Gara-gara Corona, Laba Bersih Adidas Luruh 96 Persen. Diakses dari https://www.msn.com/id-id/berita/other/gara-gara-corona-laba-bersih-adidas-luruh-96-persen/ar-BB13i6aN?srcref=rss/ tanggal 02 Desember 2020. Sugiyono. (2009). “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D”,Bandung: Alfabeta. Sugiyono. (2016). “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D”. Bandung: PT Alfabet. Danandjadja. Stone, m. (1974). “Cross Validatory Choice and Assesment of StatisticalPredictions”. Journal of the Royal Statistical Society. Series B.36(2).111-133Suryani, Tatik. (2008) “Perilaku Konsumen Implikasi Pada Strategi Pemasaran”. Yogyakarta: Graha Ilmu. Thomas W.L, & Keni. (2020). “Brand Experience, Perceived Value, Brand Trust untuk Memprediksi Brand Loyalty: Brand Love Sebagai Variabel Mediasi”. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis ISSN 2579-6224 (Versi Cetak) Vol. 4, No. 1. Publikasi: Universitas Tarumanagara. Tingkir. (2014). “Pengaruh Identitas Merek terhadap Loyalitas Merek Melalui Citra Merek dan Kepercayaan Merek Toyota”. Publikasi: Univeristas Kristen Petra. Top Brand Award Indonesia. (2016-2020). “Top Brand Index Indonesia Tahun 2016, 2017, 2018, 2019, dan 2020”.Diakses dari http://topbrand-award.com/ diakses pada tanggal 05 September 2020. Trifena, Rosmauli & Hidayat, Wahyu. (2018). “Pengaruh Brand Experience dan Brand Image terhadap Brand Loyalty Melalui Brand Trust sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Pengguna Maskapai Lion Air di Kota Semarang)”. Publikasi: Universitas Diponegoro. Vinzi, V. Emposito et al. (2010). “Handbook of Partial Least Square”. Berlin:Springer. Yohanes S.K. (2014). “Pengaruh Brand Experience terhadap Brand Loyalty Melalui Brand Satisfaction dan Brand Trust Harley Davidson di Surabaya”. Publikasi: Universitas Kristen Petra.