PENGARUH SOCIAL INFLUENCE, LIFESTYLE, DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA JENIS SEPATU SNEAKERS

Main Author: Admin, FARIZ FATHUR RIFQI
Format: Article info eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Manajemen Update , 2020
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/ejmfe/article/view/43553
Daftar Isi:
  • ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Social Influence, Lifestyle, dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Jenis Sepatu Sneakers.Data penelitian diperoleh dengan menyebarkan kuesioner yang menggunakan skala likert, dengan menggunakan sampel 100 orang responden. Responden dalam penelitian ini adalah pengguna sepatu sneakers yang berdomisili di kota Pontianak. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dan menggunakan teknik analisis regresi berganda.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa social influence bernilai positif tetapi tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan lifestyle bernilai positif dan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, dan brand image bernilai positif dan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.Kata Kunci: Social Influence, Lifestyle, Brand Image, Keputusan Pembelian, Sepatu Sneakers DAFTAR PUSTAKAFeramandianto, Mustama Wicaksono. 2018. Analisis Pengaruh Nilai Pelanggan dan Citra Merek terhadap Kepuasan Pelanggan dan Dampaknya pada Minat Beli Ulang (Studi Kasus Laptop Merek Asus di kota Pontianak). Skripsi. Pontianak: FEB Universitas TanjungpuraJune, Lu. 2014. Are personal innovativeness and social influence critical to continue with mobilecommerce. Internet Research, Vol. 24 Iss 2 pp. 134 - 159Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. 2009. Marketing Management, Edisi 13. Jakarta: ErlanggaKusumastuti, Aulia Ratri dan Setyabudi, Djoko. 2018. Hubungan Brand Image, Brand Prestige, Lifestyle, dan Social Influence dengan Keputusan Pembelian Produk Tiruan Merek Chanel. Jurnal. Semarang: FISIP UNDIPMaleke, Cindy Liffi. 2013. Faktor Sosial, Pribadi, dan Psikologis Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Blackberry Gemini Pada PT. Mega Makmur Sejahtera. Jurnal EMBA Vol 1 No.3 September 2013, Hal 55-561. ISSN 2303-1174Mowen, J.C. dan Minor, Michael. 2002. Perilaku Konsumen. Edisi Kelima, Jilid I. Jakarta: Erlangga.Nair, Suja R. 2017. Analyzing the relationship between store attributes, satisfaction, patronage-intention and lifestyle in food and grocery store choice behavior. International Journal of Retail & Distribution Management.Noviasari, Henni dan Ikram, Muhammad A. 2013. Pengaruh Faktor Sosial dan Faktor Pribadi terhadap Keputusan Pembelian Kamera DSLR Canon di Kota Pekanbaru. Jurnal Sosial Ekonomi Pembangunan, Tahun III No 9, Juli 2013:253-267.Priyatmoko, Slamet Andi. 2015. Pengaruh Lifstyle dan Social influence terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Sepatu Futsal Specs). Skripsi. Purworejo: FE Universitas Muhammadiyah.Ramdhoni, Muhammad. 2015. Pengaruh Citra Merk (Brand Image) Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Nike Pada Mahasiswa FIK UNY. Skripsi. Yogyakarta: FIK Universitas Negeri Yogyakarta.Rangkuti, Raka Randra dan Sulistyawati, Eka. 2014. Pengaruh Social Influence dan Lifestyle terhdap Niat Membeli pada Carrefour. Jurnal Manajemen. BaliSchiffman, Leon dan Kanuk, Leslie Lazar. 2008. Perilaku Konsumen Edisi Ketujuh. Jakarta: Indeks.Schiffman, L.G., & Leslie L.K., 2004. Consumer Behavior. Edisi 8. Prentice Hall, New JerseySetiadi, J Nugroho. 2013. Perilaku Konsumen Perspektif Kontemporer Pada Motif, Tujuan, dan Keinginan Konsumen. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.Sianturi Evania, Erida, dan Nifita Ade Titi. 2012. Pengaruh Kelompok Referensi dan Gaya Hidup terhadap Keputusan Menggunakan BlackBerry. Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Jambi, Vol1 No.2 April-Juni 2012. ISSN: 2302-4682.Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R and D. Bandung: Alfabeta.Tobing, Adyttia Dwi Syahlendra Lumban. 2019. Pengaruh Brand Image, Green Marketing Mix dan Store Atmosphere Terhadap Minat Beli (Studi Kasus Pada Konsumen The Body Shop Pontianak). Skripsi. Pontianak: FEB Universitas Tanjungpura.Veterinawati, Dessy. 2013. Pengaruh Faktor Sosial, Pribadi, Psikologis terhadap Keputusan Pembelian Blackberry di Surabaya. Jurnal Ilmu Manajemen, Volume 1 Nomor 3 Mei 2013Wijayanti dan Seminari. 2013. Pengaruh Gaya Hidup terhadap Perilaku Pembelian Handphone Blackberry dengan Merek Sebagai Pemoderasi. Jurnal Manajemen. Bali.Wikipedia. 2020. Social Influnece. Diunduh dari www.en.wikipedia.org pada tanggal 1 Februari 2020Wikipedia. 2020. Gaya Hidup. Diunduh dari www.id.wikipedia.org pada tanggal 1 Februari