PENGARUH KUALITAS PRODUK, CITRA MEREK, DAN KEPERCAYAAN MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPATU OLAHRAGA ADIDAS DI KOTA PONTIANAK

Main Author: admin, FITRI ARUUM CALDEIRA B11111034
Format: Article info eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Manajemen Update , 2017
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/ejmfe/article/view/19526
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisi pengaruh kualitas produk, citra merek, kepercayaan merek terhadap keputusan pembelian sepatu olahraga merek Adidas di Pontianak. Responden dalam penelitian ini adalah konsumen yang menggunakan dan berperan sebagai pengambil keputusan dalam pembelian sepatu Adidas di Pontianak. Desain penelitian yang digunakan adalah deskripstif dan kausalitas. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan metode purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang menggunakan sepatu Adidas di Pontianak dan sampel yang diambil untuk penelitian ini sebanyak 100 orang. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda dengan menggunakan program SPSS versi 16.0. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa hanya variabel citra merek yang berpengaruh signifikan dan positif terhadap variabel keputusan pembelian, sedangkan variabel kualitas produk dan kepercayaan merek tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel keputusan pembelian. Pengaruh dari kualitas produk, citra merek, kepercayaan merek terhadap keputusan pembelian adalah sebesar 30,2% sebagaimana yang ditunjukkan oleh nilai R Square sedangkan sisanya 69,8% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian. Kata kunci : kualitas produk, citra merek, kepercayaan merek dan keputusan pembelian