PENGARUH KEPERCAYAAN, KEAMANAN, DAN WORD OF MOUTH (WOM) TERHADAP MINAT PEMBELIAN ULANG PADA TOKO ONLINE” (Studi Pada Toko Online Bukalapak.Com)
Main Author: | B31112117, Yoka Mirani |
---|---|
Format: | Article info eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Manajemen Update
, 2017
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/ejmfe/article/view/19386 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kepercayaan, keamanan dan word of mouth terhadap minat pembelian ulang secara online pada toko online Bukalapak.com.Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah membeli secara online di toko Bukalapak.com yang berada di Kota Pontianak. Sampel dalam penelitian ini adalah 100 responden dengan menggunakan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner. Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda.Variabel independen yang paling berpengaruh terhadap variabel dependen adalah keamanan (0,640), diikuti oleh variabel kepercayaan (0,227) dan yang terakhir adalah word of mouth (0,49). Penelitian berdasarkan pengujian menemukan bahwa variabel kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat pembelian ulang , variabel keamanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat pembelian ulang, sedangkan variabel word of mouth tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap minat pembelian ulang. Koefisien determinasi yang diperoleh dari variabel independen dalam penelitian ini sebesar 58,6%,sementara itu sisanya sebesar 41,4% dipengaruhi oleh variabel lainnya diluar model penelitian ini. Kata kunci : Kepercayaan, Keamanan, Word of mouth dan Minat Pembelian Ulang.