Pengaruh Citra Merek (Brand Image) dan Kepercayaan Merek (Brand Trust) Terhadap Loyalitas Merek (Brand Loyalty) (Studi pada Pengguna Kartu Prabayar Simpati di Kota Pontianak)

Main Author: admin, JAJANG SATRIA B11111072
Format: Article info eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Manajemen Update , 2016
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/ejmfe/article/view/14202
Daftar Isi:
  • Perkembangan dunia usaha saat ini telah diwarnai strategi citra merek dan kepercayaanmerek yang bertujuan untuk mempertahankan pelanggan dan menciptakan perasaan puas yangakan membangun hubungan jangka panjang. Kartu prabayar simpati merupakan salah satuperusahaan yang dikenal oleh masyarakat. Dengan adanya berbagai merek kartu prabayar, makaberdampak pula pada ketatnya persaingan untuk mendapatkan pelangggan. Dalam bidang produkcitra merek dan kepercayaan merek merupakan hal yang utama, jika citra merek dan kepercayaanmerek dibina dengan baik maka akan memberikan gambaran yang baik pada produk namunkartu prabayar simpati belum menyentuh kepada usaha peningkatan citra merek dan kepercayaanmerek. Ini dapat dilihat dari top band index. Berdasarkan fenomena tersebut, penurunan topbrand index mengindikasikan adanya usaha yang belum menyentuh pada citra dan kepercayaanmerek dari kartu prabayar simpati terhadap loyalitas merek. Penelitian ini bertujuan untukmenganalisis pengaruh citra merek dan kepercayaan merek terhadap loyalitas merek. Desainpenelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dalam bentuk deskriptif dankausal. Metode pengambilan sampel dengan metode purposive sampling menggunakan kuisioneryang disebarkan kepada 100 orang responden. Responden dalam penelitian ini adalah konsumenyang menggunakan kartu prabayar simpati di Kota Pontianak. Teknik analisis yang digunakandalam penelitian ini adalah analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwaterdapat pengaruh yang signifikan antara variabel citra merek terhadap kepercayaan merek,kepercayaan merek terhadap loyalitas merek dan citra merek terhadap loyalitas merek. Sertadalam pengujian menggunakan analisis path atau analisis jalur hasil penelitian ini jugamenunjukkan adanya pengaruh tidak langsung antara variabel citra merek terhadap variabelloyalitas merek.Kata Kunci: Citra Merek, Kepercayaan Merek, Loyalitas Merek