PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA KONSUMEN GEPREK BENSU PALEMBANG
Daftar Isi:
- Loyalitas Konsumen merupakan suatu dorongan perilaku untuk melakukan pembelian secara berulang dan dapat membangun kesetiaan pelanggan terhadap suatu produk atau layanan jasa, hal ini sangat penting bagi perusahaan guna menjaga keberlangsungan kegiatan di perusahaannya. Kondisi Kualitas Produk saat ini masih belum baik karena kurangnya standar servis produk dan Harga salah satu jenis makanan yang dianggap cukup mahal karena tidak sesuai dengan apa yang diperoleh konsumen menjadi sebuah alasan sekaligus tujuan dari penelitian ini apakah variabel independen yakni Kualitas Produk dan Harga dapat mempengaruhi variabel dependen yakni Loyalitas Konsumen dengan melibatkan Kepuasan Pelanggan sebagai variabel mediasi. Jenis penelitian ini menggunakan metode campuran (Mixed Method) dengan cara kuisioner yang menggunakan skala likert. Objek dalam penelitian ini ialah konsumen Restoran Geprek Bensu Palembang. Pengambilan sampel NonProbability Sampling dengan teknik Perposive Sampling, maka diperoleh 100 responden. Teknik pengolahan dalam penelitian ini menggunakan software komputer SPSS versi 24 for windows. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Kualitas Produk dan Harga berpengeruh secara srimultan terhadap Kepuasan Pelanggan, Kualitas Produk, Harga dan Kepuasan Pelanggan secara srimultan mempengaruhi Loyalitas Konsumen. Dengan penggunaan analisis jalur (Path Analysis) metode Bron and Kenny 1986, maka pengaruh Kaulitas Produk terhadap Loyalitas Konsumen setelah mengontrol Kepuasan Pelanggan termasuk kedalam Mediasi Parsial (Patial Mediated) artinya variabel independen mampu mempengaruhi secara langsung ataupun tidak langsung dengan melibatkan variabel intervening dan pengaruh Harga terhadap Loyalitas Konsumen setelah mengontrol Kepuasan Pelanggan termasuk kedalam(Patial Mediated) artinya variabel independen mampu mempengaruhi secara langsung ataupun tidak langsung dengan melibatkan variabel intervening. Kata Kunci : Loyalitas Konsumen, Kepuasan Pelanggan, Kualias Produk dan Harga