PENGARUH IKLAN LAYANAN MASYARAKAT BIJAK BERSOSIAL MEDIA TERHADAP SIKAP DALAM BERKOMUNIKASI (Studi pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UIN Raden Fatah Palembang)

Main Author: DESTAWINA, NENI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.radenfatah.ac.id/7855/1/skripsi%20BAB%20I.pdf
http://repository.radenfatah.ac.id/7855/2/skripsi%20BAB%20II.pdf
http://repository.radenfatah.ac.id/7855/3/skripsi%20BAB%20III.pdf
http://repository.radenfatah.ac.id/7855/4/skripsi%20BAB%20IV.pdf
http://repository.radenfatah.ac.id/7855/
Daftar Isi:
  • Iklan layanan masyarakat Bijak Bersosial Media yang tayang di TRANSTV, hadir sebagai salah satu bentuk komunikasi massa, memberikan sosialisasi kepada masyarakat secara massa dan serempak melalui televisi. Hal tersebut diangkat bukan tanpa alasan, sebab menurut penelitian yang dilakukan oleh lembaga We Are School, perusahaan media asal Inggris yang bekerja sama dengan Hootsuite, sebanyak 120 juta orang Indonesia menggunakan handphone atau smartphone untuk mengakses media sosial. Dalam sepekan, aktivitas online melalui smartphone mencapai 37 persen dengan rata-rata menghabiskan tiga jam 23 menit sehari untuk mengakses media sosial. Pengaruh keberadaan iklan layanan masyarakat tersebut terhadap sikap dalam berkomunikasi sesuai dengan isi iklan, merupakan hal yang ingin diteliti dalam penelitian ini. Pada penelitian ini, penulis menggunakan metode analisis kuantitatif untuk mengetahui pengaruh iklan layanan masyarakat tersebut terhadap perilaku komunikasi pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UIN Raden Fatah Palembang, serta digunakan pula Teori Respon Kognitif. Sumber data yang diperoleh melalui observasi, wawancara serta kuisioner diolah dengan uji validitas, reliabilitas, normalitas, linearitas, serta uji regresi linear sederhana. Lalu di analisis dengan teknik analisis deskriptif dan inferensial. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan, diketahui bahwa iklan layanan masyarakat Bijak Bersosial media berpengaruh positif terhadap Sikap dalam Berkomunikasi Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UIN Raden Fatah Palembang sebesar 21,6%.