PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PAIR CHECKS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP IT RAUDHATUL ULUM SAKATIGA
Main Author: | AKBAR, M. PRASETYA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Online Access: |
http://repository.radenfatah.ac.id/5566/1/BAB%20I.pdf http://repository.radenfatah.ac.id/5566/2/BAB%20V.pdf http://repository.radenfatah.ac.id/5566/ |
Daftar Isi:
- Masalah yang sering terjadi dalam pembelajaran yaitu kurangnya variasi guru dalam menggunakan model pembelajaran. Penelitian ini dilakukan di SMP IT Raudhatul Ulum Sakatiga. Model pembelajaran yang digunakan peneliti yaitu model pembelajaran pair cheks, model ini dapat berpengaruh terhadap hasil belajar. Jenis penelitian yang digunakan adalah True Experimental Design dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan menggunakan soal tes, teknik pengambilan sampel menggunakan cara teknik sampling yaitu Random sampling, Analisis data menggunakan uji t-test. Hasil penelitian menunjukkan uji normalitas Karena L0<Lk maka H0 diterima. Karena H0 diterima pada kelas eksperimen dan kelas kontrol maka dapat disimpulkan bahwa data posttest berdistribusi normal.Dari uji-t, diperoleh thitung = 2,35 dengan dk = 16+152 = 29 dengan taraf signifikan 5%, maka ttabel adalah 1,69, sehingga didapat thitung >ttabel maka H0ditolak. Berdasarkan kriteria pengujian uji-t dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan model pembelajaran Pair Checks terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika kelas VIII SMP IT Raudhatul Ulum Sakatiga.