FUNGSI KOMUNIKASI INTERPERSONAL DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN SURAT IJIN MENGEMUDI (SIM) DI POLRES BANTUL
Main Author: | ADAM TAUFIQ ISMAIL, TAUFIQ |
---|---|
Format: | Research NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.apmd.ac.id/499/1/Skripsi%20Adam%20Taufiq%20Ismail%202.pdf http://repo.apmd.ac.id/499/ |
Daftar Isi:
- Salah satu aspek yang penting dalam pelaksanan pelayanan publik adalah kemampuan seorang petugas layanan dalam berinteraksi dan berkomunikasi dengan orang lain. Dalam komunikasi terdapat penyampaian informasi dan pengertian informasi dari seseorang kepada orang lain. Dengan demikian, komunikasi merupakan unsur yang sangat penting dalam pelayanan yang dilakukan oleh Kepolisian. Salah satu bentuk pelayanan yang dilakukan kepolisian adalah pelayanan Surat Ijin Mengemudi (SIM). Dalam hal ini SIM merupakan bukti bahwa pengendara motor telah lulus uji untuk mengemudikan kendaaraannya. Jenis penelitian yang digunakan penulis adalah jenis penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan cara field research, yaitu dengan terjun langsung ke lokasi pusat penelitian dengan cara mengamati obyek penelitian dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teknik pendekatan deskriptif kualitatif yang merupakan suatu proses menggambarkan keadaan sasaran sebenarnya, penelitian secara apa adanya sejauh peneliti dapatkan dari hasil observasi, wawancara maupun dokumentasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah petugas SIM dapat membentuk dan menjalin hubungan kerjasama dengan masyarakat. Sehingga dapat mengetahui karakter masyarakat dan pesan yang disampaikan dapat diterima dengan baik. Kata kunci : fungsi, komunikasi, interpersonal, surat ijin mengemudi