PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PRODUK FASHION PADA ONLINE SHOPPING MELALUI MEDIA SOSIAL FACEBOOK (STUDI KASUS: BAUBAU JUAL BELI (BJB) UNTUK MAHASISWA DI KOTA BAU-BAU)

Main Authors: Ramadhani, Nurlaila, Sukotjo, Endro, Juharsah, Juharsah, Sinarwaty, Sinarwaty, Nur, Nofal
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Halu Oleo , 2020
Online Access: http://ojs.uho.ac.id/index.php/manajemen/article/view/10455
http://ojs.uho.ac.id/index.php/manajemen/article/view/10455/7336
http://ojs.uho.ac.id/index.php/manajemen/article/view/10455/7337
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan terhadap loyalitas pelanggan produk fashion pada online shopping melalui media sosial facebook pada grup online shopping Baubau Jual Beli (BJB). Penelitian ini dilakukan di Kota Baubau dengan obyek penelitian yaitu mahasiswa di Kota Baubau yang menggunakan online shopping sebagai pelanggan produk fashion melalui media social online facebook. Populasi penelitian ini adalah semua mahasiswa di Kota Baubau yang berbelanja di grup facebook Baubau Jual Beli (BJB). Penelitian ini menggunakan teori rescoe dan teknik sampling (accidental sampling) yang berdasakan kebetulan ditemui di lingkungan kampus Universitas Dayanu Ikhsanuddin dan sesuai dengan kriteria yaitu mempunyai media social facebook dan telah bergabung dalam grup Baubau jual beli (BJB) serta minimal telah 2 kali berbelanja produk fashion di grup facebook Baubau Jual Beli (BJB). Dalam penelitian ini terdapat 2 variabel yang terdiri dari 1 variabel independen (kualitas pelayanan) dan 1 variabel dependen (loyalitas pelanggan), maka jumlah anggota Sampel yang diambil untuk penelitian ini adalah 60 responden. Variabel yang diamati yaitu X1. Tangible (Bukti Fisik), X.1.2 Reliability (Kehandalan), X.1.3. Responsive (Ketanggapan), X.1.4. Assurance (Jaminan), X.1.5. Empathy (Empati) dan Y1.1. Purchase intention, Y1.2. Word-of-mouth, Y1.3. Price sensivity, Y1.4. Complaining behavior. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial kualitas layanan berpengaruh signifikan dan positif terhadap loyalitas pelanggan produk fashion pada online shopping Baubau Jual Beli (BJB).Kata Kunci: Kualitas Layanan, Loyalitas Pelanggan, Online Shopping