Peningkatan Kemampuan Memahami Bacaan Bahasa Arab Melalui Teknik Pembelajaran SQ4-R (Penelitian Tindakan pada Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab Jurusan Tarbiyah STAIN Kendari)
Daftar Isi:
- Tujuan dari penehtian ini adalah untuk meningkatkan kemampuun siswa pada semester ke enam Departemen Arab Bahasa Pendidikan Akademik 2012-2013 dalam memahami teks-teks Arab dengan penerapan teknik pembelajaran SQ4-R. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan dan pendekatan kualitatif Metode untuk mengumpulkan data yang: observasi, wawancara, portefolio, membaca tes pemahaman, dan catatan lapangan. Data dianalisis secara kualitatif dengan mengurangi, menyajikan den dengan menarik kesimpulan, Temuan penelitian: Penerapan dari SQ4-R mengalami modifikasi dengan penambahan tahap pembelajaran, yaitu tahap untuk menemukan kosakata dan makna dalam kamus yang terjadi pasca tahap survei, Melalui penelitian tindakan ini, SQ4-R telah djubah menjadi SVQ4-R. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan pada kemampuan siswa di mana kemampuan awal mereka hanya mencapai pemahaman literal dengan kelas rata-rata 5] pada sebelum tindakan 70 5 pada siklus ] 79 68 pada siklus ke-Z, dan 89,22 pada siklus ke-S, Nilai rata-rata pada pemahaman interpretatif, sebelum tindeken, tidak muncul, pada siklus I , 68, pada tanggal 2 siklus 69A dan pada siklus ke-S, 75. Nilai rata-rata pada pemahaman kritis dan aplikasi, sebelum tindakan tidak muncul pada siklus 1, 67 3, pada siklus ke-Z 73,4, dan pada siklus ke-S, 8],09. Kata kunce abUt:y dalam memahaml teks bacaau, teknik pembelajaran S:Q4-:R dan penelltla n tlndakan.