Peningkatan Kemampuan Memahami Bacaan Bahasa Arab Melalui Teknik Pembelajaran SQ4-R (Penelitian Tindakan pada Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab Jurusan Tarbiyah STAIN Kendari)
ctrlnum |
2453 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.iainkendari.ac.id/2453/</relation><title>Peningkatan Kemampuan Memahami Bacaan Bahasa Arab Melalui Teknik Pembelajaran SQ4-R (Penelitian Tindakan pada
Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab Jurusan Tarbiyah STAIN
Kendari)</title><creator>Dr., Batmang</creator><subject>Agama</subject><subject>Pendidikan Islam</subject><subject>Ilmu Bahasa</subject><description>Tujuan dari penehtian ini adalah untuk meningkatkan kemampuun siswa pada semester ke enam Departemen Arab Bahasa Pendidikan Akademik 2012-2013 dalam memahami teks-teks Arab dengan penerapan teknik pembelajaran SQ4-R. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan dan pendekatan kualitatif Metode untuk mengumpulkan data yang: observasi, wawancara, portefolio, membaca tes pemahaman, dan catatan lapangan. Data dianalisis secara kualitatif dengan mengurangi, menyajikan den dengan menarik kesimpulan, Temuan penelitian: Penerapan dari SQ4-R mengalami modifikasi dengan penambahan tahap pembelajaran, yaitu tahap untuk
menemukan kosakata dan makna dalam kamus yang terjadi pasca tahap
survei, Melalui penelitian tindakan ini, SQ4-R telah djubah menjadi SVQ4-R. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan pada kemampuan siswa di mana kemampuan awal mereka hanya mencapai pemahaman literal dengan kelas rata-rata 5] pada sebelum tindakan 70 5 pada siklus ] 79 68 pada siklus ke-Z, dan 89,22 pada siklus ke-S, Nilai rata-rata pada pemahaman interpretatif, sebelum tindeken, tidak muncul, pada siklus I , 68, pada tanggal 2 siklus 69A dan pada siklus ke-S, 75. Nilai rata-rata pada pemahaman kritis dan aplikasi, sebelum tindakan tidak muncul pada siklus 1, 67 3, pada siklus ke-Z 73,4, dan pada siklus ke-S, 8],09.
Kata kunce abUt:y dalam memahaml teks bacaau, teknik pembelajaran S:Q4-:R dan penelltla n tlndakan.</description><publisher>Institut Agama Islam Negeri Kendari</publisher><date>2013-01-01</date><type>Journal:Article</type><type>PeerReview:PeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.iainkendari.ac.id/2453/1/receipt_Peningkatan%20Kemampuan%20Memahami%20Bacaan%20Bahasa%20Arab%20Melalui%20Teknik%20Pembelajaran%20SQ4-R%20%28Penelitian%20Tindakan%20pada%20Mahasiswa%20Pendidikan%20Bahasa%20Arab%20Jurusan%20Tarbiyah%20STAIN%20Kendari%29.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.iainkendari.ac.id/2453/2/receipt_Peningkatan%20Kemampuan%20Memahami%20Bacaan%20Bahasa%20Arab%20Melalui%20Teknik%20Pembelajaran%20SQ4-R%20%28Penelitian%20Tindakan%20pada%20Mahasiswa%20Pendidikan%20Bahasa%20Arab%20Jurusan%20Tarbiyah%20STAIN%20Kendari%29.pdf</identifier><identifier> Dr., Batmang (2013) Peningkatan Kemampuan Memahami Bacaan Bahasa Arab Melalui Teknik Pembelajaran SQ4-R (Penelitian Tindakan pada Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab Jurusan Tarbiyah STAIN Kendari). Shautut Tarbiyah, 19 (2). pp. 80-93. ISSN 2579-9754 </identifier><relation>http://ejournal.iainkendari.ac.id/shautut-tarbiyah/article/view/56/46</relation><recordID>2453</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Journal:Article Journal PeerReview:PeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Dr., Batmang |
title |
Peningkatan Kemampuan Memahami Bacaan Bahasa Arab Melalui Teknik Pembelajaran SQ4-R (Penelitian Tindakan pada
Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab Jurusan Tarbiyah STAIN
Kendari) |
publisher |
Institut Agama Islam Negeri Kendari |
publishDate |
2013 |
topic |
Agama Pendidikan Islam Ilmu Bahasa |
url |
http://digilib.iainkendari.ac.id/2453/1/receipt_Peningkatan%20Kemampuan%20Memahami%20Bacaan%20Bahasa%20Arab%20Melalui%20Teknik%20Pembelajaran%20SQ4-R%20%28Penelitian%20Tindakan%20pada%20Mahasiswa%20Pendidikan%20Bahasa%20Arab%20Jurusan%20Tarbiyah%20STAIN%20Kendari%29.pdf http://digilib.iainkendari.ac.id/2453/2/receipt_Peningkatan%20Kemampuan%20Memahami%20Bacaan%20Bahasa%20Arab%20Melalui%20Teknik%20Pembelajaran%20SQ4-R%20%28Penelitian%20Tindakan%20pada%20Mahasiswa%20Pendidikan%20Bahasa%20Arab%20Jurusan%20Tarbiyah%20STAIN%20Kendari%29.pdf http://digilib.iainkendari.ac.id/2453/ http://ejournal.iainkendari.ac.id/shautut-tarbiyah/article/view/56/46 |
contents |
Tujuan dari penehtian ini adalah untuk meningkatkan kemampuun siswa pada semester ke enam Departemen Arab Bahasa Pendidikan Akademik 2012-2013 dalam memahami teks-teks Arab dengan penerapan teknik pembelajaran SQ4-R. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan dan pendekatan kualitatif Metode untuk mengumpulkan data yang: observasi, wawancara, portefolio, membaca tes pemahaman, dan catatan lapangan. Data dianalisis secara kualitatif dengan mengurangi, menyajikan den dengan menarik kesimpulan, Temuan penelitian: Penerapan dari SQ4-R mengalami modifikasi dengan penambahan tahap pembelajaran, yaitu tahap untuk
menemukan kosakata dan makna dalam kamus yang terjadi pasca tahap
survei, Melalui penelitian tindakan ini, SQ4-R telah djubah menjadi SVQ4-R. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan pada kemampuan siswa di mana kemampuan awal mereka hanya mencapai pemahaman literal dengan kelas rata-rata 5] pada sebelum tindakan 70 5 pada siklus ] 79 68 pada siklus ke-Z, dan 89,22 pada siklus ke-S, Nilai rata-rata pada pemahaman interpretatif, sebelum tindeken, tidak muncul, pada siklus I , 68, pada tanggal 2 siklus 69A dan pada siklus ke-S, 75. Nilai rata-rata pada pemahaman kritis dan aplikasi, sebelum tindakan tidak muncul pada siklus 1, 67 3, pada siklus ke-Z 73,4, dan pada siklus ke-S, 8],09.
Kata kunce abUt:y dalam memahaml teks bacaau, teknik pembelajaran S:Q4-:R dan penelltla n tlndakan. |
id |
IOS16254.2453 |
institution |
IAIN Kendari |
institution_id |
1408 |
institution_type |
library:university library |
library |
UPT Perpustakaan IAIN KENDARI |
library_id |
2563 |
collection |
Repository |
repository_id |
16254 |
subject_area |
UNESCO/Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan PBB Religious Ceremonial Laws and Decisions/Ilmu Fiqh, Fiqih, Fikih |
city |
KOTA KENDARI |
province |
SULAWESI TENGGARA |
repoId |
IOS16254 |
first_indexed |
2021-11-17T02:15:23Z |
last_indexed |
2021-11-17T02:15:23Z |
recordtype |
dc |
merged_child_boolean |
1 |
_version_ |
1716640200720908288 |
score |
17.538404 |