Pengaruh Praktik Total Quality Manajemen (TQM) Terhadap Budaya Kualitas Dan Daya Saing Untuk Meningkatkan Kinerja Perusahaan Studi Pada Usaha Mikro Percetakan Digital Printing Di Kota Pekanbaru-Riau

Main Author: Nurul Hidayah
Format: Masters
Bahasa: ind
Terbitan: Program Pascasarjana Universitas Riau , 2016
Subjects:
TQM
Online Access: http://lib.pps.unri.ac.id//index.php?p=show_detail&id=4005
http://lib.pps.unri.ac.id//lib/minigalnano/createthumb.php?filename=../../images/docs/Nurul_Hidayah.PNG.PNG&width=200
Daftar Isi:
  • ABSTRAKNURUL HIDAYAH, NIM 1310247333. “Pengaruh Praktik Total Quality Manajemen terhadap Budaya Kualitas dan Daya Saing untuk meningkatkan Kinerja perusahaan (Studi pada Usaha Mikro Percetakan Digital Printing Kota Pekanbaru-Riau)”. Di bawah bimbingan Dr. Sri Indarti, SE., M.Si dan Dr. Samsir, SE., M.SiPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh praktik TQM terhadap budaya kualitas dan daya saing untuk meningkatkan kinerja perusahaan pada Usaha Mikro percetakan di Kota Pekanbaru-Riau. Populasi yang juga dijadikan sampel penelitian ini adalah semua pelaku usaha mikro percetakan di Kota Pekanbaru-Riau yaitu sebanyak 179 pelaku usaha. Metode sampling yang digunakan adalah metode sensus. Structural Equation Modeling (SEM) digunakan sebagai analisis data dan diproses dengan software Warp PLS 3.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa TQM berpengaruh positif dan signifikan terhadap budaya kualitas dan TQM berpengaruh positif dan signifikan terhadap daya saing sedangkan budaya kualitas berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap kinerja perusahaan, namun daya saing berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja perusahaan.. Rata-rata nilai TQM sebesar 4,15, Budaya Kualitas sebesar 4,01, Daya Saing 4,14 dan Kinerja Perusahaan 4,25, semua variabel memenuhi interval kelas yang sangat baik.Penelitian ini merekomendasikan pelaku usaha mikro percetakan digital printing di Kota Pekanbaru-Riau untuk meningkatkan kualitas dari produk yang akan diproduksi guna untuk meningkatkan budaya kualitas yang ada dipercetakan. Pelaku usaha percetakan juga harus lebih aktif memotivasi karyawan dan berpartisipasi dalam pelatihan, workshop, dan desain unik untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Pelaku usaha meningkatkan upaya dalam menawarkan harga yang kompetitif dibanding pesaing dan diikuti dengan memberikan produk yang memiliki jaminan mutu yang sesuai dengan keinginan pelanggan dan menanamkan budaya bahwa konsumen merupakan prioritas utama dari perusahaan sehingga mengembangkan kemitraan dengan stakeholder utama dalam jangka panjang agar perusahaan dapat bertahan dan berkembang dengan kinerja perusahaan yang baik.Kata Kunci: Total Quality Manajemen, Budaya Kualitas, Daya Saing, Kinerja Perusahaan.ABSTRACT Nurul Hidayah, NIM, 1310247333. "The Influences of Total Quality Management (TQM) Practices on Quality Culture and Competitiveness to increase company performance (study on Digital Printing toward Micro Business in Pekanbaru-Riau)". Under the guidance of Dr. Sri Indarti, SE., M.Si and Dr. Samsir, SE., M.Si The purpose of this research was to know the influences of TQM practices on quality culture and competitiviness to increase company performance (Study on Digital printing toward Micro Business in Pekanbaru-Riau. The Population of this research is 179 Digital Printing and the researcher used all Digital Printing Industry as samples. The sampling method used is census method. Structural Equation Modeling (SEM) was used analysis of the data and processed with software WarpPLS 3.0The result of this research was significant effect and positive impact on TQM practices on quality culture and competitiveness. Quality Culture was positive impact but not significant effect toward the company performance. The competitiveness was Positive impact but Not Significant effect in company Performance. TQM value of 4.15, Quality Culture of 4.01, Competitiveness of 4.14 and Company performance of 4.25. All of the variables excellent grade intervals.The research recommendation, for all micro digital printing businesses in Pekanbaru-Riau to increase quality product to produced in order to increase the quality culture of existing printing. Printing businesses more motivated their employee and participated in training, workshops and unique design to meet customer needs. Printing businesses offering competitive prices and to increase efforts in the competition and followed by delivering products that have quality assurance. The comsumer is the main priority of the company to develop partnerships with the main stakeholders in the long term for the company to survive and thrive with a good performance.Keywords: Total Quality Management, Quality Culture, Competitiveness, Company Performance.