Pengaruh Jurusan dan Nilai Sekolah Menengah Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa STIKOM Surabaya

Main Author: Sulistiowati, Sulistiowati
Format: Proceeding PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/586/1/2013-LL-13.pdf
https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/586/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan untuk menentukan persyaratan yang harus dimiliki oleh calon mahasiwa STIKOM sebagai kriteria dimensi kemampuan awal yang dapat berpengaruh terhadap prestasi belajar mahasiswa pada saat studi di STIKOM Surabaya. Prestasi belajar mahasiswa dalam hal ini diwakili oleh Indeks Prestasi Kumulatif (IPK). Faktor-faktor yang dianggap mempengaruhi IPK di STIKOM Surabaya dibatasi pada faktor jurusan, rata-rata nilai pelajaran (nilai rapor) kelas 1 dan kelas 2, serta nilai danem (variabel-varibel nilai yang berasal dari data calon mahasiswa). Dengan menggunakan data sampel mahasiswa STIKOM angkatan 2008, 2009, dan 2010 sebanyak 1118 mahasiswa, dan menggunakan metode Analisis Path dan Regresi Linier Berganda, diperoleh hasil bahwa semakin baik nilai danem, dan rata-rata nilai pelajaran di Sekolah Menengah (SMA atau SMK), maka IPK mahasiswa juga cenderung baik. Untuk mahasiswa yang berasal dari jurusan IPA, diperoleh adanya pengaruh positif rata-rata nilai pelajaran dan pengaruh negatif nilai danem terhadap IPK mahasiswa. Sedangkan untuk mahasiswa yang berasal dari jurusan IPS, Bahasa dan SMK, didapatkan tidak adanya pengaruh rata-rata nilai pelajaran dan nilai danem terhadap IPK mahasiswa.