LKP Penerapan Strategi Social Media Marketing untuk Meningkatkan Social Media Engagement di UKM John Anglo Leather Surabaya
Main Author: | Asyraf, Alsano Muhammad |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/5138/1/15430100002-2020-UNIVERSITASDINAMIKA.pdf https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/5138/11/15430100002-2020-LAMPIRAN.pdf https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/5138/ |
Daftar Isi:
- Usaha Kecil dan Menengah (UKM) mempunyai peranan yang cukup signifikan terhadap perekonomian di Indonesia karena mampu mengatasi pengangguran dan mendorong terciptanya stabilitas usaha yang berkesinambungan. Salah satunya yaitu UKM John Anglo Leather. UKM John Anglo Leather merupakan sebuah usaha yang bergerak di bidang produk dan jasa yang menghasilkan produk berbahan dasar kulit sapi seperti Sepatu dan Jaket sedangkan jasa menghasilkan reparair, recolour, dan pembuatan berskala retail/grosir. Pada tahun 2016, UKM John Anglo Leather ini mampu meraih penghargaan sebagai Profesional Muda Surabaya. Dengan adanya penghargaan tersebut, UKM John Anglo Leather dapat dinilai memiliki keunggulan dibandingkan dengan UKM yang lain. Akan tetapi, disisi lain UKM John Anglo Leather juga masih memiliki kelemahan yaitu terkait kegiatan operasional dan pemasaran yang kurang efisien dan efektif. Berdasarkan penjelasan tersebut, maka solusi yang dirancang adalah menerapkan dan meningkatkan Social Media Marketing dan Social Media Engagement. Social Media Engagement tersebut berupa keterlibatan konsumen di media social terutama Instagram yang digunakan sebagai pedoman pemasaran bagi UKM John Anglo Leather. Sedangkan strategic social media marketing digunakan sebagai kunci pemasaran online yang tepat terkait Conversation, Amplification dan Applause. Dengan dirancang dan diterapkannya Social Media Marketing dan Social Media Engagement tersebut, saat ini UKM John Anglo Leather dapat menjalankan kegiatan operasionalnya dengan efisien dan efektif serta dapat memasarkan produknya secara online dengan tepat.