TA Pembuatan Game dengan Genre Puzzle Menggunakan Augmented Reality Bertema Pakaian Adat Nusantara sebagai Upaya Mengenalkan Budaya Lokal
Main Author: | Sastriyono, Muhammad Apri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/4421/1/12510160008-2016-STIKOMSURABAYA.pdf https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/4421/ |
Daftar Isi:
- Tujuan dari Tugas Akhir ini adalah membuat game dengan genre puzzle tentang pakaian adat sebagai upaya mengenalkan budaya lokal. Hal ini dilatar belakangi oleh perkembangan zaman, membuat masyarakat terbawa arus globalisasi, sehingga membuat sedikit demi sedikit telah menjauhi dan mulai melupakan budaya tradisional bangsa. Pengaplikasian dalam game ini, mengembangkan suatu aplikasi dengan memanfaatkan teknologi Augmented Reality dalam penyampaian informasi di game genre puzzle ini. Augmented Reality adalah teknologi yang menggabungkan objek nyata (marker) yang digunakan sebagai penghubung antara dunia nyata dan maya sebagai alat berinteraksi dengan sistem. Metode kualitatif karena dalam penelitian ini memerlukan data yang bersifat deskriptif yang berupa karakteristik pakaian adat yang ada di Indonesia, karakteristik dari game bergenre puzzle, Augmented Reality dan anak-anak usia 6-8 tahun. Dengan dibuatnya game ini diharapkan dapat melestarikan budaya lokal serta menyampaikan berbagai jenis pendidikan dan pembelajaran tentang budaya yang menarik manfaat lainnya untuk mencoba pakaian adat yang dipilihnya secara visualisasi sehingga dapat dengan langsung melihat bentuk pakaian tersebut pada tubuhnya.