TA Perencanaan Strategy Management for IT Services pada Departemen Information Technology PT Terminal Petikemas Surabaya Menggunakan ITIL V3

Main Author: Prayogo, Tegar Djati
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/4377/1/14410100014-2020-UNIVERSITASDINAMIKA%20del.pdf
https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/4377/
Daftar Isi:
  • Perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa bongkar muat petikemas di daerah Surabaya adalah PT Terminal Petikemas Surabaya (TPS). Terminal Operating System (TOS) merupakan sistem operasi yang dimiliki PT TPS untuk mendukung proses bisnis perusahaan. Tidak adanya rencana strategi manajemen layanan TI yang dibuat oleh Departemen IT mengakibatkan kendala pada Layanan TOS. Kendala yang didapat dalam satu bulan dapat mencapai 39 kasus dimana penanganannya dari satu jam sampai 28 jam. Permasalahan tersebut mengakibatkan keluhan dari pelanggan dan terjadi kehilangan pelanggan. Solusi yang diberikan adalah perencanaan manajemen strategi layanan TI dengan menggunakan metode strategy management for IT services berdasarkan framework ITIL V3. Perencanaan tersebut memberikan layanan TI yang sesuai dengan kebutuhan pengguna dan mendukung tercapainya tujuan bisnis dari PT TPS. Penelitian ini menghasilkan dokumen Strategy Management For IT Services yang berisi tujuan, arah, dan rencana departemen IT. Rencana terdiri atas 1) melakukan analisis investasi TI, 2) penggunaan open source dan cloud computing, 3) pencapaian target layanan, 4) penerapan framework pengelolaan layanan, dan 5) penerapan budaya hemat energi. Rencana ini diturunkan menjadi 26 taktik, 4 prosedur, 5 instruksi kerja, dan 6 rekam kerja. Dokumen tersebut telah diverifikasi dan divalidasi oleh Departemen IT PT TPS.