TA Perencanaan Strategy Management for IT Services pada Departemen Information Technology PT Terminal Petikemas Surabaya Menggunakan ITIL V3

Main Author: Prayogo, Tegar Djati
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/4377/1/14410100014-2020-UNIVERSITASDINAMIKA%20del.pdf
https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/4377/
ctrlnum 4377
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/4377/</relation><title>TA : Perencanaan Strategy Management for IT Services pada Departemen Information Technology PT Terminal Petikemas Surabaya Menggunakan ITIL V3</title><creator>Prayogo, Tegar Djati</creator><subject>658 General management</subject><description>Perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa bongkar muat petikemas di daerah Surabaya adalah PT Terminal Petikemas Surabaya (TPS). Terminal Operating System (TOS) merupakan sistem operasi yang dimiliki PT TPS untuk mendukung proses bisnis perusahaan. Tidak adanya rencana strategi manajemen layanan TI yang dibuat oleh Departemen IT mengakibatkan kendala pada Layanan TOS. Kendala yang didapat dalam satu bulan dapat mencapai 39 kasus dimana penanganannya dari satu jam sampai 28 jam. Permasalahan tersebut mengakibatkan keluhan dari pelanggan dan terjadi kehilangan pelanggan. &#xD; Solusi yang diberikan adalah perencanaan manajemen strategi layanan TI dengan menggunakan metode strategy management for IT services berdasarkan framework ITIL V3. Perencanaan tersebut memberikan layanan TI yang sesuai dengan kebutuhan pengguna dan mendukung tercapainya tujuan bisnis dari PT TPS.&#xD; Penelitian ini menghasilkan dokumen Strategy Management For IT Services yang berisi tujuan, arah, dan rencana departemen IT. Rencana terdiri atas 1) melakukan analisis investasi TI, 2) penggunaan open source dan cloud computing, 3) pencapaian target layanan, 4) penerapan framework pengelolaan layanan, dan 5) penerapan budaya hemat energi. Rencana ini diturunkan menjadi 26 taktik, 4 prosedur, 5 instruksi kerja, dan 6 rekam kerja. Dokumen tersebut telah diverifikasi dan divalidasi oleh Departemen IT PT TPS.</description><date>2019</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/4377/1/14410100014-2020-UNIVERSITASDINAMIKA%20del.pdf</identifier><identifier> Prayogo, Tegar Djati (2019) TA : Perencanaan Strategy Management for IT Services pada Departemen Information Technology PT Terminal Petikemas Surabaya Menggunakan ITIL V3. Undergraduate thesis, Universitas Dinamika. </identifier><recordID>4377</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Prayogo, Tegar Djati
title TA : Perencanaan Strategy Management for IT Services pada Departemen Information Technology PT Terminal Petikemas Surabaya Menggunakan ITIL V3
title_sub Perencanaan Strategy Management for IT Services pada Departemen Information Technology PT Terminal Petikemas Surabaya Menggunakan ITIL V3
publishDate 2019
isbn 1441010001420
topic 658 General management
url https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/4377/1/14410100014-2020-UNIVERSITASDINAMIKA%20del.pdf
https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/4377/
contents Perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa bongkar muat petikemas di daerah Surabaya adalah PT Terminal Petikemas Surabaya (TPS). Terminal Operating System (TOS) merupakan sistem operasi yang dimiliki PT TPS untuk mendukung proses bisnis perusahaan. Tidak adanya rencana strategi manajemen layanan TI yang dibuat oleh Departemen IT mengakibatkan kendala pada Layanan TOS. Kendala yang didapat dalam satu bulan dapat mencapai 39 kasus dimana penanganannya dari satu jam sampai 28 jam. Permasalahan tersebut mengakibatkan keluhan dari pelanggan dan terjadi kehilangan pelanggan. Solusi yang diberikan adalah perencanaan manajemen strategi layanan TI dengan menggunakan metode strategy management for IT services berdasarkan framework ITIL V3. Perencanaan tersebut memberikan layanan TI yang sesuai dengan kebutuhan pengguna dan mendukung tercapainya tujuan bisnis dari PT TPS. Penelitian ini menghasilkan dokumen Strategy Management For IT Services yang berisi tujuan, arah, dan rencana departemen IT. Rencana terdiri atas 1) melakukan analisis investasi TI, 2) penggunaan open source dan cloud computing, 3) pencapaian target layanan, 4) penerapan framework pengelolaan layanan, dan 5) penerapan budaya hemat energi. Rencana ini diturunkan menjadi 26 taktik, 4 prosedur, 5 instruksi kerja, dan 6 rekam kerja. Dokumen tersebut telah diverifikasi dan divalidasi oleh Departemen IT PT TPS.
id IOS16212.4377
institution Universitas Dinamika
institution_id 3669
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Dinamika
library_id 4565
collection Repository Universitas Dinamika
repository_id 16212
city KOTA SURABAYA
province JAWA TIMUR
repoId IOS16212
first_indexed 2021-10-29T02:44:36Z
last_indexed 2021-10-29T02:44:36Z
recordtype dc
merged_child_boolean 1
_version_ 1765770813209837568
score 17.538404