TA Rancang Bangun Aplikasi Jasa Pengiriman Pos pada PT Pos Indonesia
Main Author: | Maharddhika, Rendy |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/4171/1/12410100151-2017-STIKOMSURABAYA.pdf https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/4171/ |
Daftar Isi:
- PT Pos Indonesia adalah sebuah perusahaan yang bergerak dibidang jasa pos.. Proses bisnis kegiatan pengiriman kiriman pos pada PT Pos Indonesia dimulai dari pengirim menyerahkan kiriman pos di loket sampai dengan penerima mendapatkan kiriman. Namun saat ini banyak kiriman gagal diantar ke penerima disebabkan ketidaktahuan penerima akan adanya kurir yang akan datang mengantar kiriman. Selain itu proses penyampaian pesan kepada penerima akan kiriman yang gagal diantar juga mengalami kendala karena masih dilakukan secara manual dengan menghubungi satu-persatu penerima kiriman melalui telepon. Permasalahan lainnya adalah saat ada kiriman yang gagal diantar maka kurir harus mengantar ulang kiriman ke penerima. Kegiatan antar ulang menyebabkan efektifitas kerja kurir menjadi berkurang. Untuk mengatasi permasalahan di atas, maka dibangun aplikasi yang dapat membantu proses pengiriman pos pada PT Pos Indonesia. Aplikasi ini dapat memberikan notifikasi kepada pengirim melalui email dan memberi notifikasi kepada penerima melalui SMS. Dari hasil uji coba aplikasi jasa pengiriman pos ini dapat membantu proses transaksi loket, transaksi manifest serah, transaksi manifest terima, dan transaksi proses antar serta menghasilkan resi pengiriman, manifest antar untuk kurir yang akan mengantar kiriman, laporan transaksi loket, laporan manifest serah, laporan manifest terima, dan laporan proses antar. Aplikasi ini juga memberikan notifikasi kepada pengirim melalui email dan notifikasi kepada penerima melalui SMS.