Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Mahasiswa (Studi Kasus di STIKOM Surabaya)

Main Authors: Martono, Siswo, Sulistiowati, Sulistiowati
Format: Proceeding PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/13/1/Analisis%20Faktor-faktor%20Yang%20Mempengaruhi%20Motivasi%20Belajar%20Mahasiswa.pdf
https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/13/
http://snasti.stikom.edu
Daftar Isi:
  • Penyebab rendahnya motivasi belajar mahasiswa seringkali diperkirakan dari faktor rendahnya kualitas lulusan sebuah perguruan tinggi. Motivasi belajar mahasiswa dipengaruhi oleh faktor instrinsik dan ektsrinsik. Koleksi perpustakaan yang up to date, laboratorium penunjang yang di lengkapi dengan sarana praktikum yang mampu mengakomodasi kebutuhan praktikan memberikan kontribusi dalam memotivasi belajar mahasiswa. Dosen pengampu mata kuliah di tuntut memiliki kompetensi yang handal dengan harapan output yang di hasilkan oleh perguruan tinggi siap pakai. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh faktor instrinsik dan ekstrinsik terhadap motivasi belajar mahasiswa di STIKOM Surabaya. Dengan penyebaran kuesioner pada sampel mahasiswa angkatan 2009 sebanyak 164 responden dan penggunaan metode analisis Structure Equal Modeling (SEM), diperoleh hasil bahwa faktor intrinsik dan ektrinsik (perpustakaan, laboratorium, kualitas dosen, materi kuliah, metode perkuliahan dan ruang perkuliahan) memberikan kontribusi yang positif untuk meningkatkan motivasi belajar mahasiswa STIKOM Surabaya.