MODEL KEUNGGULAN PRODUK DALAM MENINGKATKAN KINERJA PEMASARAN (Studi Kasus pada UKM Busana Muslim di Semarang)
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh keinovasian produk, respon pelanggan dan respon pesaing terhadap keunggulan produk untuk meningkatkan kinerja pemasaran pada UKM busana muslim di Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah pemilik/pengelola UKM Busana Muslim di Kota Semarang dengan sampel yang diambil sebanyak 100 orang responden. Jenis data yang digunakan yaitu data primer dengan memberikan kuesioner secara langsung kepada responden. Kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis regresi. Dan penghitungan variabel moderating menggunakan Uji Sobel. Analisis data dengan menggunakan SPSS dan berdasarkan hasil penelitian, diperoleh persamaan regresi: Y1 = 0,258 X1 + 0,359 X2 + 0,340 X3, dan Y2 = 0,197 X1 + 0,231 X2 + 0,214 X3 + 0,255 Y1menunjukkan bahwa semua variabelmemiliki nilai koefisien yang positif. Hasil ini menyatakan semakin tinggi keinovasian produk, respon pelanggan dan respon pesaingmaka keunggulan produk akan semakin meningkat. Dan semakin tinggi keinovasian produk, respon pelanggan dan respon pesaingdan keunggulan produk maka kinerja pemasaranakan semakin meningkat. Hasil penghitungan Uji sobel menghasilkan adanya pengaruh mediasi tiap variabel melalui variabel keunggulan produk. Kata Kunci : Keinovasian Produk, Respon Pelanggan, Respon Pesaing, Keunggulan Produk, Kinerja Pemasaran.