PENGARUH ORIENTASI PASAR DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING UNTUK MENINGKATKAN KINERJA PEMASARAN (Studi Pada UMKM Lumpia di Semarang)
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Orientasi pasar dan inovasi produk terhadap keunggulan bersaing untuk meningkatkan kinerja pemasaran ( studi pada UMKM Lumpia Semarang). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pemilik UMKM Lumpia yang berada di Semarang. Teknik pengambilan sampel dengan metode sensus. Adapun sampel yang diambil adalah sebanyak 52 responden dengan instrument penelitian berupa kuesioner. Program untuk menganalisis data menggunakan SPSS 23.0. Alat analisis yang digunakan adalah Uji Sobel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : orientasi pasar dan inovasi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersing. Orientasi pasar , inovasi produk dan keunggulan bersaing berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran.keunggulan bersaing mampu menjadi variabel intervening antara orientasi pasar dan inovasi produk terhadap kinerja pemasaran. Kata Kunci : orientasi pasar , inovasi produk , keunggulan bersaing, kinerja pemasaran