Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan dan menganalisis pengaruh dari orientasi pasar dan inovasi produk terhadap kinerja pemasaran melalui keunggulan bersaing industri batik di kota Semarang. Untuk keperluan tersebut, penelitian memilih 40 pengrajin dan pemilik industri batik di kota Semarang. Temuan menunjukkan orientasi pasar dan inovasi produk berpengaruh positif terhadap keunggulan bersaing dan kinerja pemasaran. Penelitian juga menemukan bahwa keunggulan bersaing benar-benar menjadi mediasi penting dalam menjembatani hubungan orientasi pasar dan inovasi produk dengan kinerja pemasaran. Dengan memeriksa literatur beragam orientasi pasar, inovasi produk, keunggulan bersaing serta kinerja pemasaran, temuan penelitian ini memberikan analisis yang unik tentang inovasi produk batik di semarang terhadap kinerja pemasaran pada UMKM industri batik di kota Semarang. Diskusi konseptual dan hasil empiris memperpanjang penelitian sebelumnya tentang budaya inovasi dan orientasi pelanggan pada UMKM industri batik. Kata Kunci : orientasi pasar, inovasi produk, keunggulan bersaing, kinerja pemasaran.