THE USE OF INDIRECT FEEDBACK TO IMPROVE STUDENTS’ DESCRIPTIVE WRITING ABILITY (A Collaborative Action Research of the Tenth Grade Students of SMKN 2 Demak in the Academic Year 2017/2018)
Daftar Isi:
- Studi ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks deskriptif melalui indirect feedback. Dalam studi ini, penulis menggunakan penelitian tindakan kelas kolaboratif. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas X TKJ 1 SMKN 2 Demak. Terdapat 37 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam satu siklus yang terdiri dari tiga pertemuan. Data diperoleh dari hasil observasi, catatan lapangan dan tugas menulis. Penulis menemukan bahwa hasil dari menggunakan indirect feedback baik. Itu dapat dilihat dari hasil tulisan siswa. Hasil tulisan siswa dalam observasi menunjukkan hanya 29.7% siswa yang dapat mencapai KKM. Dalam tugas menulis menunjukkan sebanyak 54.05% siswa yang telah mencapai KKM. Dalam revisi siswa menunjukkan sebanyak 91.9% siswa mencapai KKM. Karena itu, dapat disimpulkan bahwa penggunaan indirect feedback dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks deskriptif. Kata Kunci: Indirect Feedback, Kemampuan Menulis, Teks Deskriptif