Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui keefektifan teknik Chunking untuk meningkatkan pemahaman membaca pada teks Biografi. Penelitian ini menggunakan desain eksperimental dengan tehnik quasi-eksperimental. Populasi untuk penelitian adalah kelas sebelas siswa SMK Negeri 2 Demak tahun ajaran 2017/2018 dengan total 111 siswa yang terdiri dari XI TKR 1, XI TKR 2, dan XI TKR 3. Peneliti menggunakan tehnik sampel kelas yang utuh dan 2 kelas diambil sebagai sampel, yaitu XI TKR 1 sebagai kelas kontrol dan XI TKR 2 sebagai kelas perlakuan. Alat pengumpulan data menggunakan tes pilihan ganda. Peneliti menggunakan dua macam tes: pre test dan post test. Sebelum perlakuan dilakukan, pre-test terlebih dahulu diberikan kedua kelas. Post test diberikan setelah perlakuan dilaksanakan. Data dari kedua tes di analisis menggunakan program SPSS versi 16.0. Hasil menunjukkan bahwa rata-rata dari kelas kontrol dalam pre test adalah 75.15 dan kelas perlakuan adalah 68.73. Rata-rata nilai dari post test kelas control adalah 76.63 dan kelas perlakuan adalah 86.64. Perhitungan T-test menunjukkan ada perbedaan yang signifikan. Di dukung oleh hasil nilai dari sig(2-tailed) 0.000 < 0.05. Dapat disimpulkan bahwa H0 tidak diterima, jadi H1 dapat diterima. Sehingga dapat di simpulkan bahwa penggunaan tehnik chunking efektif untuk meningkatkan pemahaman membaca siswa dalam teks biografi. Kata Kunci: Chunking, Biografi, Pemahaman Membaca.