NORMALISASI SISTEM PENDINGINAN TERBUKA DALAM KELANCARAN TEKANAN AIR LAUT PENDINGIN MESIN INDUK DI MV. KEDUNG MAS

Main Author: SANTIKA, APRILLIANI RATNA DEWI
Format: Thesis NonPeerReviewed Pdf
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.pip-semarang.ac.id/3000/1/531611206071T_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf
http://repository.pip-semarang.ac.id/3000/2/531611206071T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf
http://repository.pip-semarang.ac.id/3000/
http://repository.pip-semarang.ac.id/
Daftar Isi:
  • Intisari- Dalam menunjang kelancaran pengoperasian mesin induk diperlukan sistem pendinginan. Terdapat dua sistem pendinginan yaitu pendinginan terbuka dan tertutup. Apabila sistem pendinginan terbuka mengalami kendala maka akan berdampak pada pengoperasian mesin induk menjadi tidak optimal. Kendala tersebut dapat diatasi apabila telah memahami faktor tekanan air laut pendingin mesin induk yang mengalami penurunan, dampak yang terjadi, serta upaya-upaya yang dilakukan. Metode penelitian yang digunakan penulis adalah metode diagram tulang ikan (Fishbone Diagram) dan metode USG (Urgency, Seriousness, Growth). Diagram tulang ikan berfungsi untuk menghubungkan antara sebab dan akibat sedangkan metode USG bertujuan untuk menetapkan urutan prioritas masalah dengan teknik penilaian. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah faktor kurangnya perawatan pada seachast dan dampak yang terjadi adalah mesin induk mengalami overheating sehingga upaya yang perlu disarankan adalah melakukan perawatan pada seachast secara berkala.