NORMALISASI SISTEM PENDINGINAN TERBUKA DALAM KELANCARAN TEKANAN AIR LAUT PENDINGIN MESIN INDUK DI MV. KEDUNG MAS

Main Author: SANTIKA, APRILLIANI RATNA DEWI
Format: Thesis NonPeerReviewed Pdf
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.pip-semarang.ac.id/3000/1/531611206071T_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf
http://repository.pip-semarang.ac.id/3000/2/531611206071T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf
http://repository.pip-semarang.ac.id/3000/
http://repository.pip-semarang.ac.id/
ctrlnum 3000
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.pip-semarang.ac.id/3000/</relation><title>NORMALISASI SISTEM PENDINGINAN TERBUKA DALAM KELANCARAN TEKANAN AIR LAUT PENDINGIN MESIN INDUK DI MV. KEDUNG MAS</title><creator>SANTIKA, APRILLIANI RATNA DEWI</creator><subject>Teknika</subject><description>Intisari- Dalam menunjang kelancaran pengoperasian&#xD; mesin induk diperlukan sistem pendinginan. Terdapat dua&#xD; sistem pendinginan yaitu pendinginan terbuka dan tertutup.&#xD; Apabila sistem pendinginan terbuka mengalami kendala&#xD; maka akan berdampak pada pengoperasian mesin induk&#xD; menjadi tidak optimal. Kendala tersebut dapat diatasi&#xD; apabila telah memahami faktor tekanan air laut pendingin&#xD; mesin induk yang mengalami penurunan, dampak yang&#xD; terjadi, serta upaya-upaya yang dilakukan.&#xD; Metode penelitian yang digunakan penulis adalah&#xD; metode diagram tulang ikan (Fishbone Diagram) dan metode&#xD; USG (Urgency, Seriousness, Growth). Diagram tulang ikan&#xD; berfungsi untuk menghubungkan antara sebab dan akibat&#xD; sedangkan metode USG bertujuan untuk menetapkan&#xD; urutan prioritas masalah dengan teknik penilaian.&#xD; Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah faktor&#xD; kurangnya perawatan pada seachast dan dampak yang&#xD; terjadi adalah mesin induk mengalami overheating sehingga&#xD; upaya yang perlu disarankan adalah melakukan perawatan&#xD; pada seachast secara berkala.</description><date>2020</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Other:Pdf</type><language>ind</language><identifier>http://repository.pip-semarang.ac.id/3000/1/531611206071T_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf</identifier><type>Other:Pdf</type><language>ind</language><identifier>http://repository.pip-semarang.ac.id/3000/2/531611206071T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf</identifier><identifier> SANTIKA, APRILLIANI RATNA DEWI (2020) NORMALISASI SISTEM PENDINGINAN TERBUKA DALAM KELANCARAN TEKANAN AIR LAUT PENDINGIN MESIN INDUK DI MV. KEDUNG MAS. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG. </identifier><relation>http://repository.pip-semarang.ac.id/</relation><recordID>3000</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Other:Pdf
Other
author SANTIKA, APRILLIANI RATNA DEWI
title NORMALISASI SISTEM PENDINGINAN TERBUKA DALAM KELANCARAN TEKANAN AIR LAUT PENDINGIN MESIN INDUK DI MV. KEDUNG MAS
publishDate 2020
isbn 531611206071
topic Teknika
url http://repository.pip-semarang.ac.id/3000/1/531611206071T_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf
http://repository.pip-semarang.ac.id/3000/2/531611206071T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf
http://repository.pip-semarang.ac.id/3000/
http://repository.pip-semarang.ac.id/
contents Intisari- Dalam menunjang kelancaran pengoperasian mesin induk diperlukan sistem pendinginan. Terdapat dua sistem pendinginan yaitu pendinginan terbuka dan tertutup. Apabila sistem pendinginan terbuka mengalami kendala maka akan berdampak pada pengoperasian mesin induk menjadi tidak optimal. Kendala tersebut dapat diatasi apabila telah memahami faktor tekanan air laut pendingin mesin induk yang mengalami penurunan, dampak yang terjadi, serta upaya-upaya yang dilakukan. Metode penelitian yang digunakan penulis adalah metode diagram tulang ikan (Fishbone Diagram) dan metode USG (Urgency, Seriousness, Growth). Diagram tulang ikan berfungsi untuk menghubungkan antara sebab dan akibat sedangkan metode USG bertujuan untuk menetapkan urutan prioritas masalah dengan teknik penilaian. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah faktor kurangnya perawatan pada seachast dan dampak yang terjadi adalah mesin induk mengalami overheating sehingga upaya yang perlu disarankan adalah melakukan perawatan pada seachast secara berkala.
id IOS15573.3000
institution Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang (PIP Semarang)
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 1472
institution_type library:university
library
library Perpustakaan PIP Semarang
library_id 1245
collection Repository PIP Semarang
repository_id 15573
city KOTA SEMARANG
province JAWA TENGAH
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS15573
first_indexed 2021-05-18T01:02:15Z
last_indexed 2021-05-18T01:02:15Z
recordtype dc
_version_ 1700056164477173760
score 17.538404