NORMALISASI SISTEM PENDINGINAN TERBUKA DALAM KELANCARAN TEKANAN AIR LAUT PENDINGIN MESIN INDUK DI MV. KEDUNG MAS
Main Author: | SANTIKA, APRILLIANI RATNA DEWI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.pip-semarang.ac.id/3000/1/531611206071T_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf http://repository.pip-semarang.ac.id/3000/2/531611206071T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf http://repository.pip-semarang.ac.id/3000/ http://repository.pip-semarang.ac.id/ |
ctrlnum |
3000 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.pip-semarang.ac.id/3000/</relation><title>NORMALISASI SISTEM PENDINGINAN TERBUKA DALAM KELANCARAN TEKANAN AIR LAUT PENDINGIN MESIN INDUK DI MV. KEDUNG MAS</title><creator>SANTIKA, APRILLIANI RATNA DEWI</creator><subject>Teknika</subject><description>Intisari- Dalam menunjang kelancaran pengoperasian
mesin induk diperlukan sistem pendinginan. Terdapat dua
sistem pendinginan yaitu pendinginan terbuka dan tertutup.
Apabila sistem pendinginan terbuka mengalami kendala
maka akan berdampak pada pengoperasian mesin induk
menjadi tidak optimal. Kendala tersebut dapat diatasi
apabila telah memahami faktor tekanan air laut pendingin
mesin induk yang mengalami penurunan, dampak yang
terjadi, serta upaya-upaya yang dilakukan.
Metode penelitian yang digunakan penulis adalah
metode diagram tulang ikan (Fishbone Diagram) dan metode
USG (Urgency, Seriousness, Growth). Diagram tulang ikan
berfungsi untuk menghubungkan antara sebab dan akibat
sedangkan metode USG bertujuan untuk menetapkan
urutan prioritas masalah dengan teknik penilaian.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah faktor
kurangnya perawatan pada seachast dan dampak yang
terjadi adalah mesin induk mengalami overheating sehingga
upaya yang perlu disarankan adalah melakukan perawatan
pada seachast secara berkala.</description><date>2020</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Other:Pdf</type><language>ind</language><identifier>http://repository.pip-semarang.ac.id/3000/1/531611206071T_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf</identifier><type>Other:Pdf</type><language>ind</language><identifier>http://repository.pip-semarang.ac.id/3000/2/531611206071T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf</identifier><identifier> SANTIKA, APRILLIANI RATNA DEWI (2020) NORMALISASI SISTEM PENDINGINAN TERBUKA DALAM KELANCARAN TEKANAN AIR LAUT PENDINGIN MESIN INDUK DI MV. KEDUNG MAS. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG. </identifier><relation>http://repository.pip-semarang.ac.id/</relation><recordID>3000</recordID></dc>
|
language |
ind |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Other:Pdf Other |
author |
SANTIKA, APRILLIANI RATNA DEWI |
title |
NORMALISASI SISTEM PENDINGINAN TERBUKA DALAM KELANCARAN TEKANAN AIR LAUT PENDINGIN MESIN INDUK DI MV. KEDUNG MAS |
publishDate |
2020 |
isbn |
531611206071 |
topic |
Teknika |
url |
http://repository.pip-semarang.ac.id/3000/1/531611206071T_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf http://repository.pip-semarang.ac.id/3000/2/531611206071T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf http://repository.pip-semarang.ac.id/3000/ http://repository.pip-semarang.ac.id/ |
contents |
Intisari- Dalam menunjang kelancaran pengoperasian
mesin induk diperlukan sistem pendinginan. Terdapat dua
sistem pendinginan yaitu pendinginan terbuka dan tertutup.
Apabila sistem pendinginan terbuka mengalami kendala
maka akan berdampak pada pengoperasian mesin induk
menjadi tidak optimal. Kendala tersebut dapat diatasi
apabila telah memahami faktor tekanan air laut pendingin
mesin induk yang mengalami penurunan, dampak yang
terjadi, serta upaya-upaya yang dilakukan.
Metode penelitian yang digunakan penulis adalah
metode diagram tulang ikan (Fishbone Diagram) dan metode
USG (Urgency, Seriousness, Growth). Diagram tulang ikan
berfungsi untuk menghubungkan antara sebab dan akibat
sedangkan metode USG bertujuan untuk menetapkan
urutan prioritas masalah dengan teknik penilaian.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah faktor
kurangnya perawatan pada seachast dan dampak yang
terjadi adalah mesin induk mengalami overheating sehingga
upaya yang perlu disarankan adalah melakukan perawatan
pada seachast secara berkala. |
id |
IOS15573.3000 |
institution |
Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang (PIP Semarang) |
affiliation |
onesearch.perpusnas.go.id fkp2tn.onesearch.id |
institution_id |
1472 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan PIP Semarang |
library_id |
1245 |
collection |
Repository PIP Semarang |
repository_id |
15573 |
city |
KOTA SEMARANG |
province |
JAWA TENGAH |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS15573 |
first_indexed |
2021-05-18T01:02:15Z |
last_indexed |
2021-05-18T01:02:15Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1700056164477173760 |
score |
17.538404 |